INTEGRASI PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWI KELAS X MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

ASNI WIDAYANTI, NIM. 08470152 (2012) INTEGRASI PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWI KELAS X MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)

Abstract

Asni Widayanti. Integrasi Pendidikan Entrepreneurship pada Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Life Skill Siswi Kelas X Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mewujudkan fungsi pendidikan tersebut, salah satunya adalah melalui pendidikan entrepreneurship. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative research) yang mengambil latar pada Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan integrasi pendidikan entrepreneurship di Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan peranan integrasi pendidikan entrepreneurship dalam meningkatkan kecakapan hidup (life skill) pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah: (1) Secara substansial mata pelajaran Fiqih memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan dan menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya ataupun lingkungannya. Secara teori pembelajaran Fiqih telah disampaikan dengan metode sebagai cara-cara penyajian bahan pelajaran pada siswa untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. (2) Integrasi pendidikan entrepreneurship di Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta salah satunya dilatarbelakangi oleh misi madrasah yaitu: “Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan ketrampilan guna membangunan kompetensi dan keunggulan siswi di bidang wirausaha”. Adapun tujuan integrasi pendidikan entrepreneurship adalah: menyiapkan generasi muda berjiwa entrepreneurship serta menyiapkan output berkepribadian luhur, berdedikasi tinggi, dan semangat etos kerja Islami. Langkah integrasi pendidikan entrepreneurship: memberikan motivasi, selanjutnya pengintegrasian pada mata pelajaran fiqih, dan praktik langsung di madrasah/usaha produktif. (3) Faktor pendukung integrasi pendidikan entrepreneurship di madrasah adalah: (a) Banyak siswi yang tinggal di asrama; (b) Kreatifitas guru mata pelajaran fiqih; (c) semangat belajar siswi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: (a) Kerja sama yang kurang baik; (b) Pola pembelajaran dalam keluarga; (c) Tidak adanya koordinasi antar anggota madrasah; (d) Sifat konsumtif di perkotaan atau pengaruh dari luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: integrasi, entrepreneurship, mata pelajaran fiqih
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 12:56
Last Modified: 24 Mar 2017 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10159

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum