MANAJEMEN PERSONALIA (GURU) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KBM DI SMP ISLAM TERPADU (IT) ABU BAKAR YOGYAKARTA

ATAM RUSTAMAN, NIM. 08470112 (2012) MANAJEMEN PERSONALIA (GURU) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KBM DI SMP ISLAM TERPADU (IT) ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Atam Rustaman. Implementasi Manajemen Personalia (Guru) dan Implikasinya Terhadap KBM di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta Periode 2006- 2011. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertempat di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil yang dicapai dari penerapan manajemen Personalia (Guru) mulai dari Rekruitmen, Pengangkatan, Penempatan, Pelatihan/Pembinaan, Pemberhentian yang mencakup empat fungsi manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuiting, Controlling) untuk mengetahui Implikasi Manajemen Personalia (Guru) Terhadap KBM di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dan mengetahuai faktor pendukung dan penghambat dari manajemen Personalia (Guru) terhadap KBM Tersebuat periode 2006-2011. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, dengan mengambil latar SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif-analitik yaitu metode yang digunakan untuk menyusun data yang telah dikumpukan, dijelaskan kemudian dinalisis. Hasil penelitian ini menunjukan, Pertama, Implementasi Manajemen personalia (Guru) mulai dari Rekruitmen, Pengangkatan, Penempatan, Pelatihan dan Pemberhentian dimana dalam pelaksanaanya terkait dengan empat unsur manajemen POAC yaitu Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pelaksanaan (Actuiting), Pengawasan (Controlling) di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta priode 2006-2011. Kedua, Implikasi Personalia (Guru) tersebut terhadap KBM di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta berdampak secara langsung, artinya dengan pengelolaan Guru yang bagus akan menghasilkan KBM yang bagus pula, hal ini bisa dilihat dari indikator yang peneliti tulis yaitu Cara Guru Mengaktifkan Siswa di Kelas dan Prestasi Siswa. dalam Guru mengaktifkan siswa dikelas dilakukan dengan melakukan berbagai metode dan strategi pembelajaran seperti aktif learnig, diskusi, tanya jawab dan ceramah. Menggunakan media pembelajaran seperti LCD. Dalam Prestasi Siswa, dilakukan dengan cara siswa diikutkan dalam perlombaan-perlombaan dan olimpiade baik tingkat sekolah, kota, propinsi naupun nasional. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat manajemen personalia (Guru) terhadap KBM di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. faktor pendukung antara lain: kualitas Guru, Sarana dan Prasarana, lingkungan dan masyarakat. Faktor penghambat adanya perbedaan motivasi guru untuk berfikir maju yang terpengaruh oleh waktu dan kondisi fisik yang bermacammacan dan kepala sekolah kesulitan dalam mendapatkan guru yang sesuai dengan Visi dan Misi SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: managemen personalia, implikasi KBM
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 12:57
Last Modified: 24 Mar 2017 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10161

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum