PENERAPAN NAẒARIYATUL WAHDAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI MADRASAH ALIYAH (MA) AL-MA’HAD AN-NUR BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ATIK ATUS SA'ADAH, NIM. 08420024 (2012) PENERAPAN NAẒARIYATUL WAHDAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI MADRASAH ALIYAH (MA) AL-MA’HAD AN-NUR BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Atik Atus Sa’adah: 08420024. Skripsi: Penerapan Naẓariyatul Wahdah dalam Pengajaran Bahasa Arab Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Ma’had An-Nur Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan hendak mengetahui penerapan Naẓariyatul Wahdah dalam pengajaran bahasa Arab yang diterapkan pada kelas XI di Madrasah Aliyah (MA) Al-Ma’had An-Nur. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang bertujuan mendiskripsikan penerapan Naẓariyatul Wahdah dalam pengajaran bahasa Arab di MA Al-Ma’had An-Nur. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan analisis dapat diperoleh kesimpulan: Pengajaran bahasa Arab di MA Al-Ma’had An-Nur dapat dikatakan sudah sesuai dengan kerangka teori Naẓariyatul Wahdah, yaitu : penerapan pengajaran bahasa Arab yang selalu dimulai dengan menetapkan judul sebagai pusat kegiatan dalam pengajaran, kemudian dari judul tersebut dikembangkan dalam berbagai materi yang terdapat dalam buku pegangan, semua unit bersumber pada satu buku bahasa Arab, semua unit diajarkan dalam alokasi waktu yang sama sebagai waktu pembelajaran bahasa Arab dan satu guru yang sama. Dan dalam proses pengajarannya pun tidak lepas dari beberapa faktor baik faktor pendukung maupun faktor penghambat. Adapun faktor pendukungnya yaitu : kegiatan diniyah di lingkungan Pondok Pesantren, dapat meningkatkan kemahiran berbahasa siswa, pelajaran bahasa Arab disekolah didukung juga oleh mata pelajaran lain seperti : Qirā’atul Kutub, Naḥwu dan Ṣaraf, pengajaran bahasa Arab yang dimulai dari menetapkan judul kemudian dari judul tersebut dikembangkan dalam berbagai materi akan mempermudah pamahaman siswa. Adapun faktor penghambatnya yaitu : minat siswa yang kurang, ruangan kelas yang tidak kondusif, minimnya sumber belajar dan media belajar, kemampuan metodologis guru kurang, Sarana prasarana kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: naẓariyatul wahdah, pengajaran bahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 13:02
Last Modified: 07 Apr 2017 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum