PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF PADA MATA PELAJARAN NAHWU KELAS II MTS PONDOK PESANTREN AL-ANWAR PACITAN TAHUN AJARAN 2011/2012 (PEMBELAJARAN KITAB AL-NAHWU AL-WADIIH)

CITRA RESMI, NIM. 08420013 (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF PADA MATA PELAJARAN NAHWU KELAS II MTS PONDOK PESANTREN AL-ANWAR PACITAN TAHUN AJARAN 2011/2012 (PEMBELAJARAN KITAB AL-NAHWU AL-WADIIH). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

CITRA RESMI. “Penerapan Model Pembelajaran Induktif Pada Mata Pelajaran Nahwu Kelas II MTs Pondok Pesantren Al-Anwar Pacitan Tahun Ajaran 2011/2012 (Pembelajaran Kitab Al-Nahwu al-Wa>d}ih)” . Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan model pembelajaran induktif pada mata pelajaran nahwu bagi siswa kelas II MTs pondok pesantren Al-Anwar Pacitan tahun ajaran 2011/2012 yang mencakup dari perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan, serta evaluasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan kitab Al- Nahwu al-Wa>d}ih bagi siswa kelas II mampu untuk mencapai tujuan pembelajaran nahwu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yakni dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati secara langsung proses pembelajaran. Wawancara kepada guru dan siswa terkait dengan pembelajaran nahwu dan penggunaan kitab Al-Nahwu al- Wa>d}ih sebagai referensi. Dokumentasi untuk menghimpun data terkait dengan gambaran umum tempat penelitian. Prosedur penelitian menghasilkan data deskriptif sehingga analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menguraikan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran induktif pada pelajaran nahwu bagi siswa kelas II di MTs pondok pesantren Al- Anwar Pacitan tahun ajaran 2011/2012 cukup bagus. Meskipun perencanaan pembelajaran tidak ditulis, namun dalam pengorganisasian dan pelaksanaan pembelajaran berjalan cukup lancar dan efektif dan mampu melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran ditandai dengan adanya diskusi antar siswa. Evaluasi yang dilaksanakan yakni berupa tes maupun penugasan juga telah sesuai dengan tujuan pembelajaran yakni menghendaki kemampuan siswa untuk mengaplikasikan materi nahwu yang telah diperoleh dalam bacaan dan tulisan. Selain itu dari hasil wawancara kepada guru dan siswa diketahui bahwa penggunaan kitab Al-Nahwu al-Wa>d}ih sebagai referensi juga telah sesuai bagi pembelajar pemula dalam pelajaran bahasa Arab, khususnya materi nahwu sebagaimana yang terjadi di MTs pondok pesantren Al-Anwar ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran induktif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 13:02
Last Modified: 07 Apr 2017 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10174

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum