PERBEDAAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DENGAN INDEX CARD MACTH (ICM) SISWA KELAS VII D MTS N NGEMPLAK

DENI FATMAWATI, NIM. 08410165 (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DENGAN INDEX CARD MACTH (ICM) SISWA KELAS VII D MTS N NGEMPLAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

DENI FATMAWATI. Perbedaan Hasil Belajar Fiqih melalui Metode Pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan Index Card Match (ICM) Siswa Kelas VII D MTs N Ngemplak. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran fiqih kelas VIID MTs N Ngemplak yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Pendidik merupakan penentu jalannya pembelajaran akan berjalan dengan membosankan ataupun berjalan menyenangkan. Selama ini guru menggunakan metode pembelajaran yang konvensional sehingga siswa mengalami kebosanan dalam belajar sehingga hasil belajar rendah. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pe-experiment design (non design) dengan desain satu kelompok yang digunakan untuk penelitian tetapi dibagi dua, yaitu setengah untuk kelompok eksperimen dan setengah untuk kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID MTs N Ngemplak. Pengambilan sampel dilakukan secara non probability sampling dipilih kelas VIID, kelas tersebut dibagi menjadi dua absen 1 sampai 18 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dan absen 19 sampai 38 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji t dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran Course Review Horay dengan Index Card Match pada pembelajaran fiqih siswa kelas VIID MTs N Ngemplak dapat meningkatkan hasil belajar siswa, untuk kelas experimen sebesar 19,5 poin dan untuk kelas kontrol sebesar 10,5 poin, (2) Hasil belajar fiqih melalui metode pembelajaran Course Review Horay lebih besar dari pada menggunakan metode pembelajaran Index Card Match pada kelas VIID MTs N Ngemplak, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang menggunakan metode Course Review Horay dengan siswa yang menggunakan metode Index Card Match dengan nilai kognitif thitung=3,05>ttabel (0,05)=1,66. Maka Ho ditolak Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: figih, course review horay,index card match
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 12 Mar 2014 13:03
Last Modified: 12 Mar 2014 13:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10176

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum