KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

EDI SUWAWAN, NIM. 08470091 (2012) KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)

Abstract

Edi Suwawan. Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2012. Ki Hadjar Dewantara adalah seorang tokoh pendidikan Nasional yang pendidikanya bernuansa ke Indonesiaan, gagasan-gagasanya sangat relevan dengan budaya masyarakat Indonesia. Konsep Ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun karso, tutwuri handayani”. ajaran yang menjungjung tinggi nilai-nilai kebebasan, kebudayaan, keagamaan, dan rasa nasionalimenya yang tinggi, sehingga Beliau dijuluki sebagai bapak pendidikan Indonesia, karena beliau adalah orang yang pertama meletakkan pentingnya pendidikan. Dengan pendidikan manusia bisa terhindar dari penindasan dan keterpurukan. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan keluarga, merupakan pendidikan yang paling pertama dan utama bagi perkembangan anak. Di era perubahan ini telah menurun hakekat pendidikan kekeluargaanya, sehingga pendidikan keluarga yang seharusnya dijadikan pendidikan yang pertama dan utama telah berubah menjadi pendidikan yang tidak penting. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: pertama, menjelaskan konsep pendidikan dalam keluarga, sebagai pendidikan yang pertama dan utama. Kedua, menjelaskan relavansinya pendidikan keluarga dengan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan mengunakan buku pendidikan yang ditulis oleh Ki Hadjar Dewantara sebagai buku utamanya dan didukung oleh buku-buku yang lain yang ada kaitanya dengan buku utama. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, yaitu melalui buku-buku, majalah, artikel, arsip, internet, dan lain-lain yang dapat mendukung kajian penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, pendidikan keluarga menurut Ki Hadjar Dewantara merupakan sebuah konsep yang lebih mengedepankan kebebasan dalam keinginan anak dalam berkarya dan tidak lupa pula dengan kodrat alam sebagai batasan kemampuan anak. Pendidik mengedepankan proses pendidikan dengan Ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun karso, tutwuri handayani. Kedua, relevansi pendidikan keluarga dengan pendidikan Islam memiliki tujuan yang sama, yaitu mencapai sebuah kebebasan dalam menjalankan aktifitas tanpa adanya sebuah paksaan dan kebahagiaan hidup didalam dunia dan akhirat. Pendidikan Islam juga mengajarkan bagaimana cara mendidik anak sebagaimana yang telah dikisahkan oleh Luqman Al-Hakim dalam surat Luqman ayat 12-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keluarga adalah pendidikan yang pertama dan utama
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 13:04
Last Modified: 24 Mar 2017 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum