IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AMTSILATI SEBAGAI METODE PRAKTIS MENDALAMI AL-QUR’AN DAN MEMBACA KITAB KUNING (ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN AL-FAJAR BABAKAN LEBAKSIU TEGAL TAHUN 2012)

IDAH MUFIDAH, NIM. 08420031 (2012) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AMTSILATI SEBAGAI METODE PRAKTIS MENDALAMI AL-QUR’AN DAN MEMBACA KITAB KUNING (ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN AL-FAJAR BABAKAN LEBAKSIU TEGAL TAHUN 2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)

Abstract

IDAH MUFIDAH (08420031). Implementasi Pembelajaran Amtsilati Sebagai Metode Praktis Mendalami Al-qur’an Dan Membaca Kitab Kuning (Analisis Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Al-fajar Babakan Lebaksiu Tegal Tahun 2012) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penerapan metode Amtsilati sebagai metode praktis dalam mendalami Al-qur’an dan membaca kitab kuning dan implementasinya dalam pengkajian kitab kuning dan pembelajaran bahasa Arab dan kekurangan serta kelebihan metode tersebut Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yang masuk dalam kategori penelitian kualitatif, dengan mengambil latar pondok pesantren Al-fajar Babakan Lebaksiu Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. data yang penulis peroleh bersumber dari pengasuh pondok pesantren, ustadz-utadz, dan santri-santri di pondok pesantren Al-fajar. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu cara berfikir dalam pembahasan yang konkret selanjutnya ditarik kesimpulan yang bersifat umun. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan verifikasi data dengan membandingkan antara hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang ada. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, penulis mendapatkan beberapa kesimpulan terkait proses pembelajaran Amtsilati yaitu: (1) Proses pembelajaran Amtsilati di dalam kelas dimulai dengan muqaddimah, dilanjutkan dengan penyajian materi yaitu judul materi beserta contoh pertama dan keterangan dibaca oleh guru dan diperhatikan oleh siswa, kemudian siswa meneruskan membaca contoh beserta keterangan yang ada sesuai dengan materi yang sedang dipelajari hinga selesai. Kemudian guru memberikan penjelasan materi secara focus dan tidak bolah melebar. Selanjutnya guru memberikan post tes secara tidak tertulis, tanya jawab, kesimpulan, dan penutup. (2) adapun kegiatan yang mendukung Amtsilati di luar waktu pembelajaran diantaranya adalah hafalan dilaksanakan seminggu sekali dengan menghadap langsung pada guru, hulashoh dibaca setiap sebelum pengajian. (3) Hasil pembelajaran Amtsilati diimplementasikan dalam pengkajian kitab-kitab kuning, dan juga dalam pembelajaran bahasa Arab (4) Hambatan yang dihadapi dalam penerapan metode Amtsilati di pondok pesantren Al-fajar adalah terbatasnya waktu pembelajaran Amtsilati serta adanya sistem pembelajaran berbasis kelas sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mempelajari Amtsilati. (5) penerapan metode Amtsilati di pondok pesantren Al-fajar efektif dalam membantu siswa terutama dalam proses belajar membaca kita kuning dan kaidah-kaidah bahasa Arab. Terbukti dengan prestasi Juara I lomba Marhalah Ula Putri Kitab Ta’limu Ta’allim Musabaqoh Fahmi Kutubit thurots Kabupaten Tegal 2011 oleh Eliyatul ‘Izzah santri ponpes Al-fajar kelas VII MTs yang sebelumnya belum pernah mempelajari ilmu alat dan tandingannya adalah seluruh pondok pesantren sekabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, metode amtsilati, pondok pesantren al-fajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 13:05
Last Modified: 07 Apr 2017 15:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10224

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum