PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VIII B DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011- 2012

RUHANA, NIM. 07470062 (2012) PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VIII B DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011- 2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

RUHANA, PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI NGEMPLAK. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012 Latar belakang masalah Penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran SKI pada kelas VIII B di MTsN Ngemplak Sleman ini maih kurang efektif serta pembelajaran SKI masih menggunakan metode ceramah, Tanya jawab, dan siswa mencatat materi yang dipelajari sehingga siswa pun merasa bosan, jenuh dan enggan untuk mendengarkan penjelasan materi dari guru, dengan pembelajaran seperti itu menjadikan pembelajaran SKI kurang menarik dan membuat siswa jenuh bahkan tidak sedikit yang mengantuk dan berbicara dengan dengan temannya, hal ini yang menyebabkan minat belajar siswa rendah dalam pembelajaran SKI. Maka dari itu, perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa, strategi pembelajaran yang akan digunakan oleh peneliti adalah strategi index card match. Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar sebelumnya dengan mengambil latar MTsN Ngemplak Sleman Yogyakarta khususnya kelas VIII B dengan jumlah siswa 34. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk aspek minat, wawancara, dokumentasi. Dalam pengolahan data, peneliti menggunakan analisis deskriptif statistik dalam bentuk persentase. Selanjutnya data Kuantitatif tersebut ditafsirkan dengan kalimat yang bersifat kualitatif agar hasil penelitian dapat tersampaikan kepada pembaca. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun tahap dalam siklus penelitian ini yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: Penerapan strategi index card match dapat digunakan pada pelajaran SKI khususnya kelas VIII B MTsN Ngemplak Sleman Yogyakarta. Hal tersebut terbukti adanya peningkatan pada penerapan aspek minat belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Minat belajar siswa pada siklus I sebesar 25,86 dengan kategori cukup/sedang dan pada siklus II sebesar 48,07 dengan kategori baik/tinggi. Sehingga dihasilkan jumlah rata-rata minat siswa siklus I ke siklus II sebesar 36,96. Dengan demikian, penerapan aspek minat belajar siswa rata-rata mengalami peningkatan pada tiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi index card match, dejarah budaya, minat belajar, pendidikan agama islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 10:50
Last Modified: 27 Mar 2017 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum