EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA YAPPI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL

SITI ROJIAH, NIM. 08420030 (2012) EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA YAPPI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)

Abstract

Siti Rojiah. Eksperimentasi Penggunaan Laboratorium Bahasa Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI MA YAPPI Gubukrubuh Gunungkidul. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan media laboratorium bahasa yang nantinya bisa mengungkapkan ada tidaknya peningkatan minat belajar bahasa Arab dan perbedaan minat antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada siswa kelas XI MA YAPPI Gubukrubuh Gunungkidul Siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 anak, yakni kelas XI A yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 18 siswa dan kelas XI B yang dijadikan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 17 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Dalam rangka menguji keampuhan instrument dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk uji validitas dilakukan dengan metode Pearson Correlation yaitu mengkorelasikan skor tiap item dengan skor total. Sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan metode Cronbach Alpha. Persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas dengan metode Kolmogorov-Smirnov Z dan uji homogenitas yang dilakukan dengan metode Test of Homogenity of Variance. Analisis data yang dipakai berupa data statistik dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pada masingmasing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada pra tindakan dan pasca tindakan. Untuk kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan laboratorium bahasa) mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 5,11 dari skor awal sebesar 99,39 meningkat menjadi 104,50. Sedangkan untuk kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan laboratorium bahasa) terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 1,35 dari skor awal sebesar 92,47 meningkat menjadi 93,82. Dengan melihat perbedaan skor dari masing-masing kelompok tersebut, menunjukkan bahwa media laboratorium bahasa merupakan salah satu media yang cocok untuk meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa. Ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil skor minat belajar bahasa arab pada kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: eksperimentasi laboraturium, minat belajar, pendidikan bahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 05 Mar 2014 11:58
Last Modified: 17 Apr 2017 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10257

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum