HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI NEGERI SINDUTAN TEMON KULON PROGO

SITI TSANIYATUL HIDAYAH, NIM. 08480033 (2012) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI NEGERI SINDUTAN TEMON KULON PROGO. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)

Abstract

SITI TSANIYATUL HIDAYAH. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Negeri Sindutan Temon Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa orang tua merupakan motivator belajar yang penting bagi anak usia sekolah dasar, sebab keluarga adalah pendidik pertama dari pengalaman anak-anak. Pemberian pola pengasuhan yang tepat harusnya juga diikuti motivasi belajar anak yang bagus. Namun pada kenyataanya motivasi belajar yang dimiliki anak kurang. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan antara pola asuh yang diberikan terhadap motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V MI Negeri Sindutan Temon Kulon Progo dan sejauh mana pola asuh orang tua mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas V MI Negeri Sindutan Temon Kulon Progo. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Negeri Sindutan Temon Kulon Progo sebanyak 31 siswa. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pada ciri-ciri atau karakteristik yang sudah ditentukan (purposive sampling). Ukuran sampel ditentukan menggunakan taraf kesalahan 5%. Alat ukur yang digunakan adalah skala motivasi belajar dan skala pola asuh orang tua. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas untuk skala motivasi belajar menunjukkan dari 50 butir soal ada 31 butir soal yang valid, sedang reliabilitas sebesar 0,896 dan dinyatakan reliabel. Untuk skala pola asuh orang tua menunjukkan dari 51 butir soal ada 30 butir soal yang valid. Sedang reliabilitas sebesar 0,866 dan dinyatakan reliabel. Analisis data berupa analisis regresi linier sederhana. Namun sebelum dilakukan analisis dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pola pengasuhan yang diberikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Negeri Sindutan Temon Kulon Progo. Dimana apabila pola asuh yang diberikan pada siswa meningkat 1% maka akan diikuti pula peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 0,555%, dimana semakin baik pola asuh semakin baik pula motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa kelas V MI Negeri Sindutan dipengaruhi oleh pola asuh orang tua sebesar 18,1%, sedangkan 81,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari variabel dalam penelitian yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, pendidikan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 10:50
Last Modified: 23 Jan 2017 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10259

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum