PENGEMBANGAN EVALUASI HASIL BELAJAR FIQH KELAS VIII MTSN SLEMAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA

SITI MUAWANAH, NIM. 08470039 (2013) PENGEMBANGAN EVALUASI HASIL BELAJAR FIQH KELAS VIII MTSN SLEMAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN EVALUASI HASIL BELAJAR FIQH KELAS VIII MTSN SLEMAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN EVALUASI HASIL BELAJAR FIQH KELAS VIII MTSN SLEMAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui pengembangan evaluasi hasil belajar fiqih kelas VIII MTs N Sleman Maguwoharjo Yogyakarta. Selama ini pelaksanaan evaluasi pada pendidikan agama Islam khususnya mata pelajaran fiqih belum ideal seperti evaluasi harus dilakukan secara kontinuitas, evaluasi harus dilakukan secara komprehensif (menyeluruh). Karena dalam penilaian sering terjadi banyaknya pengajar dalam melaksanakan cara penilaian terhadap hasil belajar peserta didik tidak secara teratur dan menyambung dari waktu ke waktu, sehingga tujuan dalam pembelajaran yang telah direncanakan tidak tercapai dengan sebaik-baiknya, atau seorang pendidik tidak memiliki catatan atau perhatian khusus sehingga peserta didik belajarnya tidak sungguh-sungguh karena merasa tidak diawasi dan tidak dimonitor perkembangan kemampuannya, yang pada akhirnya masalah yang paling rumit dalam sistem pendidikan, yaitu kurangnya evaluasi yang efektif. Penelitian skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research), Subyek yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Kepala MTs Negeri Sleman Maguwoharjo Yogyakarta, Guru, dan Siswa. dengan mengambil lokasi di MTs Negeri Sleman Maguwoharjo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif. Dilakukan dengan reduksi data, triangulasi dan kesimpulan data. Sehingga data yang terkumpul dikelompokkan dengan cara memilah dan memilih data yang akan digunakan, kemudian data yang ada diperiksa kembali dengan cara membandingkan data hasil observasi, dokumentasi dan data hasil wawancara. Selanjutnya disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kemudian data di analisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pengembangan evaluasi hasil belajar fiqih kelas VIII MTsN Sleman Maguwoharjo Yogyakarta menggunakan teknik-teknik pengembangan evaluasi dengan menggunakan empat keterampilan yaitu: Pertama, keterampilan menyimak Kedua, Keterampilan Berbicara Ketiga, Keterampilan membaca Keempat, Keterampilan menulis. Dengan menggunakan teknik-teknik tersebut implementasi pengembangan evaluasi hasil belajar fiqih kelas VIII B sangat efektif. Sedangkan dalam hal ini faktor pendukungnya yaitu: Pertama, latar belakang guru, Kedua, ketersediaan buku, Ketiga, ketersediaan peserta didik, Keempat, Adanya kerjasama antara guru dengan keluarga siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: Pertama, latar belakang pendidikan siswa. Kedua, latar belakang keluarga peserta didik. Ketiga, media atau alat-alat pengembangan evaluasi yang masih terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nur Rohmah, M.Ag.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2014 09:14
Last Modified: 24 Aug 2018 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10272

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum