UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SKI MELALUI METODE TIM KUIS SISWA KELAS VC SDIT AR RAIHAN BANTUL YOGYAKARTA

SUTRIASIH, NIM. 09411005 (2013) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SKI MELALUI METODE TIM KUIS SISWA KELAS VC SDIT AR RAIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SKI MELALUI METODE TIM KUIS SISWA KELAS VC SDIT AR RAIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SKI MELALUI METODE TIM KUIS SISWA KELAS VC SDIT AR RAIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (753kB)

Abstract

Sutriasih. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar SKI melalui Metode Tim Kuis pada Siswa Kelas VC SDIT Ar Raihan Bantul, Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa banyak siswa kelas V kurang mempunyai motivasi dalam pembelajaran SKI.tingkat motivasi paling rendah dalam mengikuti pembelajaran SKI. Kurangnya motivasi siswa kelas VC juga diimbangi prestasi yang kurang memuaskan. Siswa di bawah KKM pra siklus adalah 40 %. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Tim Kuis dalam pembelajaran SKI untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dikelas VC Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom Action research (CAR) dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran yang aktif dan partisipatif dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan penggunaan metode Tim Kuis sangat efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa kelas VC terhadap materi SKI. Peningkatan motivasi bisa dilihat dari keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Hampir semua siswa terlibat langsung di dalam kegiatan pembelajaran, dengan antusias dan penuh suka cita . Metode tim Kuis juga efektif dalam meningkatkan prestasi siswa. Hal ini bisa dilihat menurunnya jumlah siswa yang mendapat nilai di bawah KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nur Rohmag, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2014 08:23
Last Modified: 24 Aug 2018 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10278

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum