PENGARUH GAYA BELAJAR BAHASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII SEMESTER II DI MTs N GALUR

IRA RAHMAWATI, NIM. 09420190 (2013) PENGARUH GAYA BELAJAR BAHASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII SEMESTER II DI MTs N GALUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GAYA BELAJAR BAHASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII SEMESTER II DI MTs N GALUR)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GAYA BELAJAR BAHASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII SEMESTER II DI MTs N GALUR)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

IRA RAHMAWATI. Pengaruh Gaya Belajar Bahasa Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Kelas VII Semester II Di MTs N Galur. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah sering ditemui masalah dalam proses pengajaran bahasa Arab mengenai pengayaan metode dan strategi pengajaran. Penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat karena Guru kurang memperhatikan gaya belajar siswa dalam mengajar di kelas. Sedangkan gaya belajar setiap siswa dengan siswa yang lainnya tidaklah sama. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs N Galur tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket,observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis penelitian menggunakan analisis deskripsi dan teknik korelasi phi. Metode penelitian ini adalahmetode kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar adalah faktor yang penting untuk diperhatikan. Guru hendaknya memahami bahawa ternyata setiap siswa memiliki gaya belajar bahasa Arab yang beragam. Dari deskripsi data prestasi belajar menurut gaya belajar bahasa Arab jelas bahwa rerata tertinggi prestasi belajar siswa MTs N Galur adalah siswa yang memilki gaya belajar visual. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa siswa yang mempunyai prestasi tinggi pelajaran bahasa Arab adalah siswa yang mempunyai gaya belajar visual 35 siswa dan gaya belajar auditorial 16 siswa. Peran guru dalam melejitkan siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik harus lebih mendapatkan perhatian khusus. Semua ini terjadi karena siswa yang memiliki gaya prestasi belajar visual dapat belajar dengan baik dengan strategi yang dapat mengakomodasi gaya belajarnya. Hal ini tentunya disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah gaya belajar siswa yang belum terakomodir dengan metode yang diterapkan guru. Oleh karena itu setelah penelitian ini dapat dikembangkan penelitian tentang metode mengajar berdasarkan learning styles.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Feb 2014 09:01
Last Modified: 26 Apr 2017 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum