PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

LAILATUL FAUZIYAH, NIM. 08480040 (2012) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

LAILATUL FAUZIYAH. Penerapan Metode Role playing sebagai Upaya Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) pada Siswa Kelas IV MI Miftahusshibyan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012 . Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah minat dalam pembelajaran PKn di kelas IV MI Miftahusshibyan Welahan Jepara yang rendah. Hal ini berpengaruh terhadap Prestasi belajar yang rendah pula. Oleh karena itu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode pembelajaran role playing di kelas IV MI Miftahusshibyan yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan metode role playing dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV MI Miftahussibyan Welahan Jepara, bagaimana peningkatan minat dan prestasi belajar siswa kelas IV MI Miftahusshibyan Welahan Jepara pada pembelajaran PKn setelah menggunakan metode pembelajaran role playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa dan guru PKn MI Miftahusshibyan Welahan Jepara tahun pelajaran 2011/2012. Data yang dikumpulkan berupa data minat dan prestasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pada saat proses pembelajaran, pemberian angket minat belajar pada siswa dan wawancara pada guru dan siswa untuk memperoleh data minat belajar siswa. Pemberian tes belajar PKn pada pra tindakan, siklus I dan siklus II juga dilakukan untuk memperoleh data prestasi belajar siswa. Analisis data untuk minat dan prestasi belajar siswa menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian : (1) Adanya peningkatan persentase minat belajar siswa antara prasiklus dengan siklus I sebesar 48,24% dan siklus I dengan II meningkat sebesar 21,25%. Sedangkan peningkata minat dari prasiklus ke siklus sebesar 58,86% (2) Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal tersebut dapat terlihat dari Persentase siswa yang mencapai ketuntasan pada prasiklus adalah 35,3% sedangkan pada siklus I 80% siswa dan pada siklus II 93,75. Hal tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 44,7% dari prasiklus ke siklus I dan 13,75% dari siklus I ke siklus II. Sedangkan peningkatan antara prasiklus dan siklus sebesar 51,57%. Selain itu adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada tes pra tindakan sebesar 6,75 pada siklus I sebesar 7,5 dan siklus II sebesar 8,1. Dari hasil tersebut penerapan metode role playing secara signifikan dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar PKn materi Pemerintahan Desa pada siswa kelas IV MI Miftahusshibyan Welahan Jepara tahun pelajaran 2011/2012

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PKn, Role playing, Minat Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 10:51
Last Modified: 18 Jan 2017 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10337

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum