PELAKSANAAN METODE AS-SAM’IYYAH ASY-SYAFAWIYYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

SUHARTATI , NIM. 05420081 (2012) PELAKSANAAN METODE AS-SAM’IYYAH ASY-SYAFAWIYYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

SUHARTATI, Pelaksanaan Metode Sam’iyyah Syafawiyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tempel Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan/aplikasi metode sam’iyyah Syafawiyah yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas IV di MIN Tempel, untuk mengetahui kelebihan dan factor pendorongnya, untuk mengetahui kekurangan dan factor penghambatnya, serta untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan metode Sam’iyyah Syafawiyah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas IV MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu setelah data terkumpul kemudian diklasifikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas, dianalisis isinya kemudian diinterpretasikan dan diberi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan metode sam’iyyah syafawiyah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas IV MIN Tempel dilakukan dengan cara guru memberi pelajaran dengan melafalkan mufradat atau kalimat bahasa Arab, siswa mendengarkan materi yang dibacakan guru, setelah itu menyuruh siswa menirukan apa yang telah diucapkan guru dengan baik. Pada akhir pelajaran siswa disuruh mendemonstrasikan dan menghafal materi yang telah diajarkan secara individu dan kelompok. (2) Kelebihan dari metode sam’iyyah syafawiyah ini, bahwa dengan diterapkannya metode ini maka akan memudahkan siswa dalam belajar bahasa Arab, para siswa lebih terlihat terampil dalam pelafalan bahasa Arab dan suasana kelas terlihat hidup karena para siswa tidak tinggal diam, tetapi harus terus menerus merespon stimulus guru. Adapun faktor pendorongnya ialah factor materi yang menggunakan bahasa Arab, guru bahasa Arab yang berkompeten, media pembelajaran yang masih dalam proses, serta kesemangatan dan keberanian siswa dalam mengucapkan bahasa Arab meskipun masih salah. (3) Kekurangan dari penerapan metode sam’iyyah syafawiyah di MIN Tempel ialah pembelajaran terlihat sedikit monoton sehingga bagi siswa yang telah menguasai materi akan terlihat jenuh. Adapun faktor penghambatnya ialah factor latar belakang pendidikan siswa yang beragam, sehingga kemampuan berbahasa Arab siswa juga beragam, kurangnya media pembelajaran. (4) Hasil pelaksanaan metode sami’iyyah syafawiyah di MIN Tempel tergolong cukup berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes/evaluasi. Tercatat bahwa nilai rata-rata tes dari 96 siswa kelas IV adalah 8,3. Jika ditaksirkan maka nilai tersebut tergolong nilai yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Adzfar Ammar, M.A
Uncontrolled Keywords: Metode , Sam’iyyah Syafawiyah, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Mar 2014 11:17
Last Modified: 13 Mar 2014 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum