NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM TIGA HATI DUA DUNIA SATU CINTA KARYA BEN SOHIB DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

MIFTAHUDIN, NIM. 08470074 (2012) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM TIGA HATI DUA DUNIA SATU CINTA KARYA BEN SOHIB DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Miftahudin. Nilai-nilai Pendidikan Multikultural Dalam Film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta Karya Ben Sohib Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Skipsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini mengenai materi-materi pendidikan adalah Indonesia merupakan negara yang beragam, baik dari sisi etnis, agama dan budaya. Dalam kurun waktu tertentu singkat golongan-golongan tertentu dapat saling mencurigai, saling membenci, akan tetapi suatu saat juga bisa memahami dan saling menghormati. Film dibuat untuk memberikan pesan edukatif yang dapat digunakan sebagai alternatif media pendidikan. Rumusan masalah dalam hal ini adalah Bagaimanakah isi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta karya Ben Sohib dan Bagaimanakah relevansi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta Karya Ben Sohib dengan pendidikan multikutural dalam perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil objek film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta dan sasarannya adalah penonton atau audience dalam dunia pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah semiotik. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Dalam hal ini, peneliti akan mengungkapkan tentang isi dari nilai-nilai pendidikan multikultural yang ada dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta, Kemudian, menafsirkan relevansinya dengan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pesan pendidikan Multikultural dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta, terdapat tujuh dimensi besar yaitu belajar hidup dalam perbedaan, rasa saling percaya, saling memahami, saling menghargai, berfikir terbuka, apresiasi dan interdependensi, resolusi konflik dan rekonsiliasi nirkekerasan 2) Ada relevansi yang sangat erat antara nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta dengan pendidikan Islam. Keduanya sama-sama mengajak untuk melakukan perbuatan dan tindakan yang terpuji (mahmudah) dan menghindari sifat-sifat yang tercela yang sesuai dengan ajaran agama serta norma-norma yang berlaku yang telah ditetapkan oleh Allah SWT baik bagi diri sendiri, masyarakat maupun bangsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Multikultural, Relevansi, Pendidikan Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:39
Last Modified: 27 Mar 2017 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10374

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum