PENERAPAN METODE HAFALAN (MUHAFAZAH) DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS PROGRAM QIRA'ATUL KUTUB (PQK) VII DAN VIII MTs DARUL QUR’AN LEDOKSARI KEPEK WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012

MIFTAHUL KARIMAH, NIM. 08420002 (2012) PENERAPAN METODE HAFALAN (MUHAFAZAH) DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS PROGRAM QIRA'ATUL KUTUB (PQK) VII DAN VIII MTs DARUL QUR’AN LEDOKSARI KEPEK WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)

Abstract

Miftahul Karimah, Penerapan Metode Hafalan (Muhafazah) Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Kelas Program Qiraatul Kutub (PQK) VII dan VIII MTs Darul Qur’an Ledoksari Kepek Wonosari Gunungkidul Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode hafalan dalam pembelajaran kitab kuning di kelas Program Qira’atul Kutub (PQK) VII dan VIII MTs Darul Qur’an Ledoksari Kepek Wonosari Gunungkidul dan problem-problem yang muncul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di kelas Program Qira’atul Kutub (PQK) MTs Darul Qur’an Ledoksari Kepek Wonosari Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode hafalan digunakan untuk menghafalkan kitab-kitab yang sudah ditentukan. Tujuan penerapan metode hafalan ini adalah untuk membentuk generasi seperti Imam Syafi’i RA dan agar pada waktu dijelaskan peserta didik akan lebih mudah memahaminya. Materi pelajaran yang dihafalkan adalah kitab-kitab dasar, yang berupa matan-matan dan nadzam-nadzam, seperti Matn Al-Jurumiyyah, Amsilah At-tas}rifiyyah , Safinah An-najah, Syifa’ Al-Jinan, ‘Aqidah Al-‘awwam, Al-‘imriti, Gayah Wa Taqrib. Dalam pelaksanaannya, peserta didik yang sudah menghafalkan terlebih dahulu kemudian maju satu per satu menghadap guru untuk menyetorkan hafalannya. Guru menyimak dan mengoreksi kesalahan. Setelah atau sebelum setoran, guru menyuruh peserta didik untuk deresan bersama-sama hafalan mereka. Evaluasi dilakukan setiap hari pada saat setoran dan deresan, setiap tes setelah hafalan satu kitab, tengah semester dan akhir semester secara lisan hifz al-mutun dan tertulis. Problem-problem yang muncul dalam pembelajaran kitab kuning dengan metode hafalan ini dibagi dalam empat kategori, yaitu problem materi-kurikulum, problem sarana prasarana, dan problem psikologis-sosiologis dan problem SDM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode hafalan, pembelajaran kitab kuning
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:39
Last Modified: 10 Apr 2017 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10375

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum