EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN BUKU METODE 33 CARA CEPAT BISA BACA KITAB DI MADRASAH DINIYAH AL-IMDAD KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL YOGYAKARTA

USWATUN CHASANAH, NIM. 08420072 (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN BUKU METODE 33 CARA CEPAT BISA BACA KITAB DI MADRASAH DINIYAH AL-IMDAD KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Uswatun Chasanah: “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Buku Metode 33 Cara Cepat Bisa Baca Kitab di Madrasah Diniyah Al-Imdad Kauman Wijirejo Pandak Bantul Yogyakarta” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Madrasah Diniyah Al-Imdad Kauman Wijirejo Pandak Bantul Yogyakarta Dengan Menggunakan Buku Metode 33 Cara Cepat Bisa Baca Kitab yang meliputi : proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku metode 33 cara cepat bisa baca kitab, efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi Karya Tulis Ilmiah yang mampu memperkaya wawasan tentang pembelajaran bahasa Arab khususnya wawasan bagi guru untuk memilih metode yang tepat dan terutama menyesuaikan dengan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di Madrasah Diniyah Al-Imdad Kauman Wijirejo Pandak Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu pengambilan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku metode 33 cara cepat bisa baca kitab diterapkan pada siswa kelas III dan IV awaliyah Madrasah Diniyah Al-Imdad Kauman Wijirejo Pandak Bantul Yogyakarta, Metode pembelajarannya terlebih dahulu dikenalkan kosakata, kemudian penjelasan qowaid, dan latihan membaca teks berbahasa Arab. Dari penelitian yang dilakukan penulis, efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku metode 33 cara cepat bisa baca kitab di Madrasah Diniyah Al-Imdad Kauman Wijirejo pandak Bantul Yogyakarta dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu : Berdasarkan hasil angket yang telah penulis bagikan dapat dilihat bahwa jawaban dari mayoritas responden terhadap pertanyaan-pertanyaan penulis yang berkaitan dengan efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku tersebut menunjukkan skor yang tinggi : yaitu responden merasa penggunaan buku metode 33 cara cepat bisa baca kitab sudah efektif. Berdasarkan rata-rata nilai ujian semester ganjil menunjukkan skor yang tinggi., yaitu 81,15 hal ini dapat dikategorikan baik sekali. Dengan melihat hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku metode 33 cara cepat bisa baca kitab di Madrasah Diniyah AlImdad Kauman Wijirejo Pandak Bantul Yogyakarta telah berjalan efektif dan dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:40
Last Modified: 17 Apr 2017 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10380

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum