PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB TAHUN 2010 DAN IMPLEMENTASINYA DI DINIYAH TAKMILIYAH AL MUNAJAH WONOKROMO BANTUL

MILLATUDDIANA, NIM. 08420155 (2012) PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB TAHUN 2010 DAN IMPLEMENTASINYA DI DINIYAH TAKMILIYAH AL MUNAJAH WONOKROMO BANTUL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)

Abstract

MILLATUDDIANA Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Tahun 2010 dan Implementasinya di Diniyah Takmiliyah Al Munajah Wonokromo Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum bahasa Arab Diniyah Takmiliyah Tahun 2010. Kurikulum tersebut sangat berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Yakni mata pelajaran bahasa Arab yang berkolerasi dengan mata pelajaran lainnya dan tidak terdapat tema tertentu sebagaimana yang terdapat pada kurikulum sebelumnya. Hal tersebut akan membuat bingung para pengelola Diniyah Takmiliyah khususnya guru bahasa Arab serta menjadikan ketidaksamaan kualitas pembelajaran bahasa Arab antar Diniyah Takmiliyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang perubahan kurkulum Diniyah Takmiliyah Tahun 2010 dan Implementasinya di Diniyah Takmiliyah Al Munajah Wonokromo Bantul. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran atau informasi bagi lembaga pendidikan, bagi pihak-pihak yang memiliki tanggung jawab pendidikan baik guru, kepala sekolah maupun siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang terkumpulkan, kemudian dari makna tersebut ditarik beberapa kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yang menggunakan sumber dan metode ganda. Subjek penelitian adalah Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pondok Pesantren kantor wilayah D.I.Yogyakarta, kepala Diniyah Takmiliyah Wonokromo, guru bahasa Arab kelas II, III, dan IV Awwaliyah yang berjumlah tiga guru, serta siswa-siswi kelas II, III, dan IV Awwaliyah Diniyah Takmiliyah Wonokromo yang berjumlah 67 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan kurikulum bahasa Arab tahun 2010 merupakan upaya pemerintah untuk memberikan kewenangan kepada pengelola Diniyah Takmiliyah dalam mengorganisasikan kurikulum bahasa Arab, namun harus mengacu kepada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pelajaran bahasa Arab yang telah ditentukan pemerintah melalui kurikulum tahun 2010 guna mewujudkan pembelajaran bahasa Arab yang terpadu. Namun demikian, pada pertengahan Mei tahun 2012, muncul wacana tentang pengkajian ulang kurikulum tersebut. Karena dalam pembuatannya hanya melibatkan orang-orang di pusat, sehingga tidak mempertimbangkan permasalahan yang ada di daerah. Penelitiaan ini juga menunjukkan bahwa implementasi kurikulum bahasa Arab di Diniyah Takmiliyah dapat dikatakan cukup baik. Hal itu karena dalam materinya sudah berkolerasi dengan mata pelajaran lain dan waktu yang diberikan untuk pelajaran bahasa Arab sudah sesuai dengan kurikulum. Sumber belajar berasal dari buku bahasa Arab yang diterbitkan Direktorat Pendidikan Diniyah terbitan tahun 2004 dan 2009 dan dari sumber lainnya. Hal ini dilakukan karena belum diterbitkannya buku panduan kurikulum yang memuat tentang materi yang sesuai dengan kurikulum. Hanya saja guru masih belum memenuhi tuntutan kompetensi pedagogik, yakni dalam penyusunan program belajar secara tertulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Implementasi, Diniyah Takmiliyah, Kurikulum
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:40
Last Modified: 10 Apr 2017 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10381

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum