PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

VITA JUNIVANKA TARWIAH , NIM. 08470024 (2012) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Vita Junivanka Tarwiah, Pengaruh Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri Godean, Sleman, Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini dilakukan pertama , menganalisa untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa dilihat dari empat faktor yaitu, strategi pembelajaran, konsultasi belajar, pemecahan masalah dan evaluasi perkembangan belajar. Kedua, untuk memprediksi seberapa signifikansi dan besar kontribusi keempat faktor tersebut terhadap meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di MTs N Godean, Sleman Yogyakarata dengan sampel sebanyak 100 orang yang diambil dari siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik simple random sampling dengan mengacu pada random table. Independen faktor yang ada dalam penelitian ini adalah bimbingan belajar dengan subfaktor yang terdiri strategi pembelajaran (X 1 ), konsultasi belajar (X 2 ), pemecahan masalah (X ) dan evaluasi perkembangan belajar (X 4 3 ). Sedangkan dipenden faktornya adalah prestasi belajar siswa (Y). Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, descriptive statistics untuk mengetahui distribusi frekuensi temuan data dari lapangan. Kedua, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa digunakan model analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS (Statistical Package For Social Sciences) sebagai alat bantu. Hasil uji korelasi dan analisis regresi linier menunjukkan bahwa efektif tidaknya strategi pembelajaran yang diterapkan guru pembimbing hanya mampu mempengaruhi tingkat prestasi siswa pada level sedang. Namun, keduanya memiliki hubungan yang signifikan karena nilai signifikan sebesar 0.019 lebih kecil dari 0.05 pada tingkat kepercayaan kebenaran 95%. Di sisi lain, intensitas waktu siswa dalam melakukan konsultasi belajar hanya mampu meningkatkan prestasi belajar pada level sedang, tetapi konsultasi belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar karena nilai signifikanya sebesar 0.50 lebih besar dari 0.05 pada tingkat kepercayaan kebenaran 95%. Sementara itu, mampu tidaknya guru dalam mengatasi masalah belajar, siswa hanya mampu meningkatkan prestasi belajar pada level yang sedang pula. Hubungan antara pemecahan masalah dengan prestasi belajar tidak signifikan karena nilai signifikannya 0.13 lebih besar dari 0.05 pada tingkat kepercayaan 95%. Sedangkan, tinggi rendahnya perkembangan siswa setelah dilakukan evaluasi pembelajaran hanya mampu mempengaruhi prestasi belajar siswa pada level sedang. Hubungan antara evaluasi perkembangan belajar dan prestasi belajar tidak signifikan karena nilai signifikannya 0.12 lebih besar dari 0.05 pada tingkat kepercayaan 95%. Kata kunci : bimbingan belajar, prestasi belajar, strategi pembelajaran, konsultasi belajar, pemecahan masalah, evaluasi perkembangan belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rinduan Zain, MA
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Bimbingan Belajar, Prestasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:40
Last Modified: 13 Mar 2014 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum