IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING THE POWER OF TWO DALAM PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA

MOHAMMAD KHAFIDH , NIM. 08420086 (2012) IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING THE POWER OF TWO DALAM PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mohammad khafidh(08420086), Implementasi Metode Active Learning The Power Of Two Dalam Peningkatan Kemahiran Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemahiran berbicara pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. dan hasil dari penelitian ini untuk menambah pengetahuan seorang guru tentang metodelogi pengajaran dalam keberhasilan peningkatan kemahiran berbicara pada siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian adalah Siswa Kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan metode tes.Adapun proses analisis data dengan analisa kualitatif dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunujukkan peningkatan kemahiran berbicara pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Peningkatan nilai 2,8 yaitu hasil dari nilai pada tes sebelum penerapan Metode The Power Of Two dengan hasil 55,3 dan hasil dari tes awaldalam siklus pertama dengan hasil 58,1,dan peningkatan hasil nilai 17,3 dari hasil nilai tes kedua dari siklus kedua dengan hasil nilai 72,6 dengan hasil nilai tes sebelun diterapkannya metode The Power Of Two dan dapat diambil kesimpulan dari realisasi yang ada,bahwa ada perbedaan nilai sebelun diterapkannya metode The Power Of Two dengan sesudahnya dan menunjukan dampak positif yang signifikan ditunjukan dengan nilai Tt lebih besar dari nilai To. Penerapan Metode Active Learning Dalam belajar Bahasa Arab di SMPIT Abu Bakar dengan realitas bagus,yang hasilnya guru dapat mengetahui pentingnya Active Learning untuk peningkatan metode guru dalam peningkatan al kalam ,memacu perhatian siswa dalam belajar al kalam,dengan menggunakan medode Active Learning dapat meningkatkan diskusi siswa dalam klompok dan optimisme dalam interaksi antar siswa dengan menggunakan bahasa arab.Dijelaskan dalam skripsi ini bahwa banyaknya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, maka akan jelas lebih banyak faham dan lebih ingat dengan jangka waktu yang relatif lama,karena kuncinya adalah partisipasi (aktif). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penerapan metode Active Learning The Power Of Two Dalam belajar Bahasa Arab mempunyai keunggulan- keunggulan diantaranya meningkatkan partisipasi siswa, cocok untuk pemberian tugas yang sederhana, setiap kelompok mempunyai alokasi waktu yang banyak dalam diskusi,menjadikan mudah dalam interaksi dan lebih muda dalam pengelompokan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Active Learning The Power Of Two,
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:40
Last Modified: 12 Apr 2017 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10398

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum