PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB KUNING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA (MUFRODAT) BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MANBA’UL ULUM GROBOGAN

NISWATUN NISA, NIM. 08420104 (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB KUNING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA (MUFRODAT) BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MANBA’UL ULUM GROBOGAN. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Niswatun Nisa, Pengaruh Pembelajaran Kitab Kuning Terhadap Penguasaan Kosakata (Mufrodat) Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Grobogan. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Manba’ul Ulum terhadap penguasaan kosakata (mufrodat) bahasa Arab, yang terfokus pada bagaimana proses pembelajaran kitab kuningnya, mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kitab kuning terhadap kemampuan santri dalam penguasaan kosakata (mufrodat) bahasa Arab, di pondok pesantren Manba’ul Ulum, baik kosakata (mufrodat)aktif ataupun pasif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar belakang pondok pesantren Manba’ul Ulum Grobogan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif yaitu menafsirkan datadata yang diperoleh kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam proses pembelajaran kitab kuning di Pondok pesantren Manba’ul Ulum Grobogan, baik kosakata (mufradat) aktif ataupun pasif. Akan tetapi besaran pengaruhnya berbeda. Pengaruh pembelajaran kitab kuning terhadap penguasaan kosakata (mufrodat) aktif adalah sebesar 0.047089. Sedangkan besaran pengaruh pembelajaran kitab kuning terhadap penguasaan kosakata (mufrodat) pasif adalah sebesar 0,206116. Dari hasil pengkajian secara kuantitatif, hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya pemberlakuan pembelajaran kitab kuning di kalangan pondok pesantren lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kitab Kuning, Mufrodat
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:48
Last Modified: 12 Apr 2017 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10425

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum