PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII C DI MTs NEGERI GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

NOVITA DESTI ARISANDI GULTOM, NIM. 08420107 (2012) PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII C DI MTs NEGERI GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)

Abstract

Novita Desti Arisandi. Penerapan strategi giving questions and getting answers dalam meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII C MTs Negeri Godean Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Peneliti menemukan masalah bahwasanya masih banyak peserta didik di kelas VIII C MTs Negeri Godean yang nilai bahasa Arabnya dibawah KKM. KKM bahasa Arab di Madrasah ini yaitu dengan nilai 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan strategi giving questions and getting answers dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII C di MTs Negeri Godean. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu pengawasan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus terhadap 36 peserta didik. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi giving questions and getting answers dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab di kelas VIII C MTs Negeri Godean, Yogyakarta. Hal ini terbukti pada siklus satu nilai pre-test 40,56 dan nilai pos test 64,17, pada siklus dua nilai pre-test 52,50 dan pos-test 76,39, dan pada siklus tiga nilai pre-test 54,44 dan pos-test 80,81. Strategi ini adalah strategi untuk melibatkan seluruh peserta didik dalam meninjau ulang materi yang sudah dipelajari di akhir pelajaran. Pada strategi ini setiap peserta didik mendapatkan masing-masing dua kartu yang berbeda warna. Masing-masing peserta didik menuliskan pada kertas satu tentang apa yang belum mereka pahami, dan pada kertas dua tentang apa yang belum mereka pahami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: giving questions and getting answers, prestasi belajar,
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 15:46
Last Modified: 12 Apr 2017 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10437

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum