TEKNIK EVALUASI HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII DI MTS AL MA’HAD AN NUR BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

NURUL HAJAR LATIFAH, NIM. 08420125 (2012) TEKNIK EVALUASI HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII DI MTS AL MA’HAD AN NUR BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)

Abstract

yang harus dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pencapaian dari suatu proses pembelajaran, sehingga dengan dilaksanakannya evaluasi hasil belajar tersebut dapat dilakukan perbaikan-perbaikan. Secara signifikan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik evaluasi hasil belajar dalam dunia pendidikan. Yakni mendeskripsikan teknik-teknik yang diterapkan dalam mata pelajaran bahasa Arab dan bagaimana penerapanya di MTs Al Ma’had An Nur. Mengingat penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, maka pengumpulan data yang diperlukan melalui beberapa metode, yaitu pengamatan pada pelaksanaan evalusi hasl belajar bahasa Arab di MTs Al Ma’had An nur, interview dengan guru bahasa Arab dan beberapa siswa kelas VII dan pengumpulan dokumentasi-dokumentasi terkait. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: guru bahasa Arab kelas VII di MTs Al Ma’had An Nur melakukan evaluasi hasil belajar bahasa Arab pada tiga ranah yaitu kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Sedangkan teknik yang diterapkan di MTs Al Ma’had An Nur yaitu Teknik Tes dan Teknik Non Tes. Teknik tes meliputi teknik tes formatif yang dilaksanakankan setiap kali tatap muka, teknik tes sumatif yang dilaksanakan pada mid semester dan pada saat semester, teknik tes lisan seperti memerintahkan siswa menghafal mufrodat, teknik tes tulis seperti memerintahkan siswa mengerjakan tugas di LKS, teknik tes individu dan speed tes. Sedangkan teknik non tes meliputi pengamatan, interview, penampilan (performance), hasil karya (product) seperti memerintahkan siswa untuk mengarang sederhana tentang materi terkait, penugasan (project) seperti menugaskan siswa mencari kosakata bahasa Arab kemudian mempraktekannya dan skala nilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik Evaluasi, Evaluasi Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 10:38
Last Modified: 12 Apr 2017 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10460

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum