STRATEGI MENINGKATKAN SHARE PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (SUPPLY-DEMAND-SUPPORT STRATEGY)

AZHARI NUR KUSUMO , NIM. 08390142 (2012) STRATEGI MENINGKATKAN SHARE PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (SUPPLY-DEMAND-SUPPORT STRATEGY). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pembiayaan mudharabah merupakan produk yang mewakili core value perbankan syariah yang membedakannya dengan perbankan konvensional. Menurunnya share pembiayaan mudharabah merupakan hal yang sangat mengkhawatirkan karena hal ini dapat diartikan sebagai pergeseran core value perbankan syariah. Strategi yang tepat perlu disusun guna meningkatkan kembali share pembiayaan mudharabah serta memperkuat eksistensinya dalam perbankan syariah. Penelitian yang dilakukan oleh penyusun adalah mengukur tingkat pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi share pembiayaan mudharabah dengan menyusun model-model regresi terhadap share pembiayaan mudharabah dan pada setiap faktor yang mempengaruhi share pembiayaan mudharabah yaitu pricing, growth, dan nonperforming financing pembiayaan modal kerja. Data dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data yang diambil dari statistik perbankan syariah periode bulanan selama 37 bulan yang dimulai dari bulan maret 2009 hingga bulan maret 2012. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pricing dan non performing financing pembiayaan modal kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap mudharabah share sedangkan mudharabah growth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap mudharabah share. Penelitian ini menghasilkan strategi supplydemand-support guna peningkatan share pembiayaan mudharabah yang terdiri dari enam hal yaitu komposisi cost of fund, paritas ekuivalen rate Produk Pendanaan, persebaran jaringan, pengarahan pengembangan sumber daya manusia, integrasi promosi-edukasi dan pengendalian non performing financing berbasis sektoral. Kata kunci: Mudharabah, Share, Pricing, Growth, Non Performing Financing, dan Supply-Demand-Support.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Syafiq. M. Hanafi, M. Ag
Uncontrolled Keywords: STRATEGI, SHARE PEMBIAYAAN MUDHARABAH , PERBANKAN SYARIAH, INDONESIA, (SUPPLY-DEMAND-SUPPORT STRATEGY)
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:14
Last Modified: 23 Sep 2016 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10474

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum