KORELASI ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII DI MTs N GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

RIRIN WIJAYANTI, NIM. 08420164 (2012) KORELASI ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII DI MTs N GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)

Abstract

Ririn Wijayanti, Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh Gunugkidul Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan KeguruanUIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru bahasa Arab yang jauh dari apa yang diharapkan, membawa pengaruh negatif terhadap prestasi belajar bahasa Arab, begitu pula sebaliknya guru yang memiliki kompetensi pedagogik yang baik akan membawa pengaruh positif terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Maka dilakukan penelitian tentang korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar bahasa Arab kelas VII MTs N Gubukrubuh tahun pelajaran 2011/2012. Rumusan masalah dalam hal ini adalah adakah korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar bahasa Arab, bagaimana kompetensi pedagogik guru bahasa Arab, dan apa faktor penghambat dan pendukung prestasi belajar siswa kelas VII MTs N Gubukrubuh Gunungkidul tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitif, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs N Gubukrubuh sebanyak 93 diambil sampel 44 dengan kriteria tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Uji persyaratan analisis data yakni uji normalitas dan linieritas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan 1. Korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar bahasa Arab terdapat korelasi yang rendah namun signifikan dengan nilai korelasi 0,307 dengan sig 0,043. 2. Perhitungan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dengan menggunakan microsoft excel dan disajikan dalam bentuk diagram menunjukan taraf cukup. Adapun prosentasenya 68,75 mengelola pembelajaran, 66,19 mampu memahami peserta didik, 66,67 merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, 67,52 evaluasi hasil belajar, dan 64,20 pengembangan peserta didik. 3. Faktor pendukung prestasi belajar bahasa Arab yaitu sarana prasarana ruang kelas yang nyaman, Baca Tulis Alquran (BTA), lingkungan madrasah, kemampuan guru, dukungan orang tua, dan kartu mufrodat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah asal sekolah peserta didik, kurangnya fasilitas madrasah, persepsi buruk siswa terhadap pelajaran bahasa Arab, minat dan motivasi belajar, kurangnya dukungan orang tua dan lingkungan yang tidak agamis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Kompetensi Pedagogik, Prestasi Belajar Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:30
Last Modified: 12 Apr 2017 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum