PERAN LAGU DALAM PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA DUA KLASEMAN YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2011 / 2012

RIZKA AYU FADHILLAH, NIM. 08420083 (2012) PERAN LAGU DALAM PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA DUA KLASEMAN YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2011 / 2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Rizka Ayu Fadhillah (08420083). Peran Lagu Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas IV SDIT Salsabila Dua Klaseman Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi . Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana peran lagu dalam meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab. Adapun permasalahan yang terjadi di SDIT Salsabila Dua Klaseman Yogyakarta yaitu kemampuan siswa yang heterogen dalam segi intelektual maupun sikapnya. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data yang berupa hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Salsabila Dua Klaseman Yogyakarta dan obyek penelitian ini adalah peran lagu dalam meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab. Hasil yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah peran lagu dalam meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab pada siswa kelas IV SDIT Salsabila Dua Klaseman yaitu (1) lagu sebagai strategi, (2) lagu sebagai media, (3) lagu sebagai motivator, (4) lagu sebagai penguat hafalan. Dan dengan peran lagu dalam meningkatkan penguasaan mufrodat tersebut hasilnya efektif, karena program ini sudah berhasil meningkatkan penguasaan mufrodat. Dan selanjutnya dalam pelaksanaannya menggunakan lagu dalam pembelajaran mufrodat untuk dinyanyikan. Oleh karena itu, peneliti dapat menyimpulkan bahwa peran lagu dalam meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab pada siswa kelas IV SDIT Salsabila Dua Klaseman Yogyakarta berjalan efektif sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Lagu, Mufrodat, Siswa Kelas IV SDIT Salsabila Dua Klaseman
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:33
Last Modified: 12 Apr 2017 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10488

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum