IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs N GUBUKRUBUH GETAS PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

SADAM SILAKHUDIN, NIM. 08420121 (2012) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs N GUBUKRUBUH GETAS PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)

Abstract

Sadam Silakhudin. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dan mengetahui problem apa saja yang dialami guru dalam upaya mengimplementasikan KTSP mata pelajaran bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil setting di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, serta penelusuran dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif analitik yaitu mendeskripsikan dan menganalisa semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan (1)Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul belum optimal. Hal ini terbukti dengan beberapa indikator (a) sekolah belum pernah mengadakan pelatihan secara khusus tentang KTSP,(b) dalam penyusunan silabus, penyusunan RPP masih belum optimal (c) metode pembelajaran yang digunakan guru masih belum variatif guru masih menggunakan metode konvensional. (2) Hasil pembelajaran bahasa Arab memberikan nilai pada aspek kognitif sedangkan pada aspek afektif dan psikomotorik hasil penilaian menggunakan catatan yang meliputi kehadiran, keaktifan dan kepribadian. (3) Problematika yang dihadapi guru bahasa Arab ketika mengimplementasikan KTSP yakni(a) guru kurang bisa memahami tentang KTSP karena kurangnya pelatihan yang berhubungan langsung dengan KTSP, (b) kurangnya minat siswa untuk mempelajari bahasa Arab karena banyak dari siswa yang berasal dari kalangan menengah kebawah sehingga orang tua kurang memperhatikan belajar siswa, (c)latar belakang siswa yang berbeda-beda sehingga kemampuan pemahaman siswa tentang bahasa Arab bervariasi, (d) belum adanya media yang menunjang seperti Lab. Bahasa dan kamus bahasa Arab. (4) Adapun usaha guru dalam mengatasi problem siswa adalah guru mengadakan pelatihan Baca Tulis Al-Quran dan membuat buku hafalan siswa, hal ini untuk menunjang pembelajaran bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:33
Last Modified: 17 Apr 2017 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum