PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, REPUTASI AUDITOR, FINANCIAL LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN ROA TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PADA PENAWARAN PERDANA (INITIAL PUBLIC OFFERING) YANG MASUK DALAM KELOMPOK SAHAM SYARIAH TAHUN 2007 – 2010

IFFA NAZULA TABAHATI , NIM. 08390074 (2012) PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, REPUTASI AUDITOR, FINANCIAL LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN ROA TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PADA PENAWARAN PERDANA (INITIAL PUBLIC OFFERING) YANG MASUK DALAM KELOMPOK SAHAM SYARIAH TAHUN 2007 – 2010. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Initial Public Offering (IPO) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka penawaran umum penjualan perdana. Saham-saham yang tercatat di pasar perdana pada umumnya diminati investor karena memberikan initial return. Return ini mengindikasikan terjadinya underpricing saham dipasar perdana ketika masuk pasar sekunder. Underpricing adalah kondisi dimana harga saham pada waktu penawaran perdana relative terlalu murah dibandingkan harga dipasar sekunder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi terjadinya underpricing pada kelompok saham syariah di Daftar Efek Syariah untuk periode 2007-2010. Faktor-faktor tersebut adalah Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan (Size), dan Return On Assets (ROA). Pada periode tersebut terdapat 33 perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling terhadap 33 perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana (IPO) di Daftar Efek Syariah periode tahun 2007-2010. Analisis terhadap data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda. Hasil analisis regresi secara parsial menunjukan bahwa hanya Reputasi Underwriter yang berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing. Sedangkan secara simultan diperoleh hasil variabel Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan (Size), dan Return On Assets (ROA) terbukti secara simultan atau bersama-sama berpengaruh tehadap underpricing. Adapun besarnya adjusted R-squared yaitu 0,311 yang berarti underpricing dijelaskan oleh variabel independen sebesar 31,1% dan sisanya sebesar 68,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Kata Kunci: Initial Public Offering,Underpricing, Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan (Size), Return On Assets.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibnu Qizam, S.E.Akt., M. S
Uncontrolled Keywords: nitial Public Offering,Underpricing, Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan (Size), Return On Assets.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:34
Last Modified: 29 Aug 2016 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10530

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum