ANALISIS EFISIENSI BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri dan Bank Mega Syariah Periode Tahun 2008- Tahun 2011)

ISHA CHARISHA , NIM. 08390041 (2012) ANALISIS EFISIENSI BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri dan Bank Mega Syariah Periode Tahun 2008- Tahun 2011). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perbankan syariah di Indonesia dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan yang sangat pesat, dengan menyuguhkan berbagai inovasi produk andalan kepada masyarakat luas. Akan tetapi dalam perjalanan perkembangan perbankan syariah itu diwarnai issu dari berbagai sumber. Sumber tersebut mengatakan bahwa perbankan syariah belum efisien dan masih kalah efisien dari perbankan syariah yang ada di negara lain. Maka dari itu penilaian tentang keefisienan perbankan syariah di Indonesia perlu dikaji ulang, sebab pengukuran efisiensi perbankan itu sendiri berguna untuk dasar perhitungan kesehatan dan pertumbuhan perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi Bank Umum Syariah yang beroperasi di Indonesia yang dianalisis melalui variabel input-output (biaya tenaga kerja, simpanan, kewajiban, surat berharga yang dimiliki dan pembiayaan) dari Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri dan Bank Mega Syariah. Melalui purposive sampling diperoleh sampel laporan triwulanan dari neraca dan laba rugi tahun 2008-2011 dari tiga Bank Umum Syariah (Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri dan Bank Mega Syariah). Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan menggunakan dua asumsi dalam DEA yaitu asumsi CRS dan asumsi VRS yang diformulasikan ke dalam efisiensi skala (SE) yang dibantu dengan software DEAWIN. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata yang memiliki efisiensi skala selama tahun pengamatan yaitu pada quartal 1 pada ketiga BUS karena pada ketiga bank syariah tersebut pada quartal 1 kinerjanya baik terbukti dari simpanan dan pembiayaan yang dihasilkan memenuhi target, sedang pada quartal selanjutnya mengalami fluktuasi cenderung inefisiensi skala pada quartal 4 pada ketiga BUS tersebut sebab ketiga BUS tersebut tidak dapat mempertahakankan kinerja terbaiknya pada quartal 1. Untuk penelitian berikutnya hendaknya menganalisis efisiensi perbankan yang lainnya dengan menggunakan pendekatan selain intermediasi serta dengan input-output yang berbeda, atau bahkan dengan menggunakan metode parametrik. Agar penilaian efisiensi perbankan syariah dapat terus berkembang guna mendapatkan solusi terbaik untuk perkembangan perbankan syariah lebih lanjut. Kata Kunci: Tingkat Efisiensi Skala, Laporan Keuangan Triwulanan 3 BUS, dan DEA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tingkat Efisiensi Skala, Laporan Keuangan Triwulanan 3 BUS, dan DEA
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:34
Last Modified: 26 Sep 2016 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10539

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum