PENGARUH VARIABEL FUNDAMENTAL DAN INDIKATOR MAKRO EKONOMI TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM PERUSAHAAN YANG LISTING DI JII TAHUN 2008-2010

ARSYAD WICAKSONO, NIM. 07390093 (2012) PENGARUH VARIABEL FUNDAMENTAL DAN INDIKATOR MAKRO EKONOMI TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM PERUSAHAAN YANG LISTING DI JII TAHUN 2008-2010. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Analisis fundamental mencoba memperkirakan harga saham di masa yang akan datang dengan cara mengestimasi nilai faktor fundamental yang mempengaruhi harga saham di masa yang akan datang dan menerapkan hubungan faktor-faktor tersebut sehingga diperoleh taksiran harga saham sekaligus keuntungannya (return saham). Faktor makro ekonomi adalah faktor - faktor yang mempengaruhi kondisi perekonomian makro dan berpengaruh pada seluruh perusahaan. Beberapa faktor makro ekonomi yang mempengaruhi tingkat keuntungan(return) adalah tingkat inflasi dan nilai tukar (kurs), kedua hal tersebut merupakan hal yang paling mendasar dalam ekonomi makro. Penelitian ini termasuk dalam penelitian terapan (applied reserch). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka) yang diambil dari laporan keuanga perusahaan yang dipublikasikan. Data penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari Indonesian Capital Market Dictionary, pojok bursa UII dan website BI dan JSX. Populasi dalam penelitian ini adalah saham-saham yang listing di Jakarta Islamic Index (JII) selama tahun 2008-2010, dan sampel dalam penelitian ini adalah saham-saham yang listing secara konsisten di Jakarta Islamic Index (JII) selama tahun 2008-2010. Variabel yang digunakan adalah return sebagai variabel dependen dan Earning Per Sahare, Perice Earning Ratio, Inflasi, dan Kurs USD sebagai variabel Independen. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda, kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PES, PER, Inflasi, dan KursUSD secara bersama-sama berpengaruh terhadap return saham. Secara parsial hanya inflasi yang berpengaruh secara signifikan terhadap return dan yang lain tidak signifikan terhadap return saham. Keadaan seperti ini disebabkan pada tahun 2008-2010 terjadi inflasi yang cukup tinggi terutama dengan adanya kenaikan harga BBM tetapi turun kembali, krisis ekonomi global yang berdampak pada kenaikan harga barang import sehimgga mengakibatkan inflasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Return, EPS, PER, Inflasi, Kurs USD.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:44
Last Modified: 23 Sep 2016 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum