FIKIH PERNIKAHAN LINTAS AGAMA (STUDI TERHADAP PEMIKIRAN HUKUM WAHBAH AZ-ZU ḤAILĪ TENTANG PEREMPUAN AHL AL-KITAB )

M. JOKO SUBIYANTO , NIM: 08350064 (2012) FIKIH PERNIKAHAN LINTAS AGAMA (STUDI TERHADAP PEMIKIRAN HUKUM WAHBAH AZ-ZU ḤAILĪ TENTANG PEREMPUAN AHL AL-KITAB ). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)

Abstract

Sejak dulu, Islam dihadapkan dengan berbagai agama yang semakin komplek, sehingga pluralitas adalah sebuah fenomena nyata. Salah satu fenomena yang muncul adalah perkawinan lintas agama. Hal ini bisa terjadi akibat interaksi antar pemeluk agama sebagai dampak dari pluralitas agama. Sudah jelas di dalam Al-Qur’an bahwa menikah terhadap orang musyrik hukumnya haram dan tidak sah. Di sisi lain juga menjelaskan tentang halalnya menikah dengan Ahl al-Kitāb yang statusnya bukan orang Islam. Ada berbagai macam pandangan yang berbeda-beda terhadap batasanbatasan Ahl al-Kitāb. Syafi’iyyah membatasi dengan keturunan, Hanafiyyah membatasi dengan pedoman kitab termasuk pedoman Nabi Ibrahim, MUI membatasi dengan Ahl al-Kitāb dengan agama Nasrani dan Yahudi, sehingga Nasrani dan Yahudi yang ada di Indonesia ini termasuk Ahl al-Kitāb, akan tetapi MUI mengharamkan menikahinya. Hal ini akan bertentangan dengan nash Al-Qur’an. Dari berbagai macam pandangan para ulama ini, Wahbah az-Zuḥailī mempunyai pendapat yang berbeda. Penyusun akan memaparkan tentang hukum pernikahan terhadap Ahl al-Kitāb, istimbat hukumnya dan relevansi dengan kondisi sekarang menurut Wahbah az-Zuḥailī. Wahbah az-Zuḥailī adalah ulama kontemporer, yang membenci terhadap fanatisme (ta’aṣṣub) mazhab. Popularitasnya sampai ke dunia international dengan hasil karyanya yang populer yang dikenal dengan kitab Fiqh al-Islāmī wa Adillatuh, oleh karen itu kitab ini penyusun jadikan sebagai sumber primer dalam penyusunan penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pustaka (Library Research) yaitu dengan menulusuri literatur atau sumber-sumber data yang diperoleh, baik dari buku-buku maupun kitab-kitab. Sumber primer yang dijadikan sebagai rujukan adalah kitab Fiqh al-Islāmī wa Adillatuh dan at-Tafsīr al-Munīr wa al-‘Āqidah wa asy-syāri’ah wa alManhaj. Penelitian ini bersifat diskriptik analitik dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif. Data yang sudah terkumpul dianalisa secara kualitatif dengan metode berfikir deduktif dan induktif. Hasil dari penelitian ini adalah menurut Wahbah az-Zuḥailī, hukumnya sah menikahi wanita Ahl al-Kitāb, dengan syarat memenuhi kriteria-kriteria sesuai dengan prosedur yang ada. Wanita Ahl al-Kitāb tidak bisa disamakan dengan wanita musyrik. Istimbat hukum yang digunakan oleh Wahbah az-Zuḥailī adalah al-Qur’an dengan landasan Q.S. al-Māidah (5): 5 dan ijma’ sahabat. Dilihat dari hukum positif dan keadaan agama yang ada di Indonesia, pemikiran Wahbah az-Zuḥailī masih relevan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Samsul Hadi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: FIKIH PERNIKAHAN, LINTAS AGAMA STUDI TERHADAP PEMIKIRAN HUKUM WAHBAH AZ-ZU ḤAILĪ TENTANG PEREMPUAN AHL AL-KITAB )
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:45
Last Modified: 13 Apr 2016 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10573

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum