PENGARUH MAKRO EKONOMI TERHADAP RETURN SAHAM SAAT KRISIS KEUANGAN GLOBAL TAHUN 2008 (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)

DANANG WIDIYATMOKO, NIM. 07390107 (2012) PENGARUH MAKRO EKONOMI TERHADAP RETURN SAHAM SAAT KRISIS KEUANGAN GLOBAL TAHUN 2008 (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada tahun 2008 dunia diguncang krisis keuangan global yang berawal dari permasalahan kegagalan pembayaran kredit perumahan (subprime mortgage default) Amerika Serikat mengakibatkan tidak stabilnya situasi moneter yang tercermin dari variabel makro ekonomi. Hal tersebut menunjukkan eratnya hubungan makro ekonomi terhadap return saham. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji mengenai pengaruh indikator makro ekonomi terhadap return saham pada perusahaan yang masuk di Jakarta Islamic Index tahun 2007-2009. Penelitian ini termasuk kategori penelitian terapan. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh variabel makro ekonomi secara simultan dan parsial terhadap return saham. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang masuk di Jakarta Islamic Index. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Variabel independen dari penelitian ini adalah variabel makro ekonomi seperti inflasi, tingkat suku bunga dan nilai tukar, sedangkan variabel dependennya adalah return saham. Data penelitian ini adalah data sekunder dari dokumentasi Bank Indonesia, www.bi.go.id, pusat data bisnis dan ekonomi, Pusat Data Pasar Modal di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia serta diolah dengan model regresi linear berganda. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel makro ekonomi seperti inflasi, tingkat suku bunga dan nilai tukar mempunyai pengaruh terhadap return saham sebesar 15,3%. Sedangkan sisanya (100% - 15,3% = 84,7%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi. Secara parsial, variabel yang berpengaruh negatif signifikan terhadap return saham adalah inflasi dengan sig. t sebesar 0,0000 < 0,05 dengan koefisien -2,3849. Sementara variabel yang berpengaruh positif signifikan terhadap return saham adalah tingkat suku bunga dengan sig. t sebesar 0,0367 < 0.05 dan nilai tukar dengan sig. t sebesar 0,0000 > 0,05

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Return Saham, Inflasi, Tingkat Suku Bunga dan Nilai Tukar
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:46
Last Modified: 23 Sep 2016 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10585

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum