ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN SUKARELA (VOLUNTARY DISCLOSURE) LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH

FUAD MUHAMMAD NUGROHO, NIM. 07390040 (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN SUKARELA (VOLUNTARY DISCLOSURE) LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)

Abstract

Pengungkapan sukarela yaitu pengungkapan yang dilakukan secara sukarela oleh perusahaan publik. Pengungkapan sukarela merupakan pilihan bebas manajemen dengan pertimbangan kebijakan tertentu untuk menyampaikan informasi yang relevan kepada pengguna laporan keuangan terkait dengan aktivitas-aktivitas perusahaan. Namun, perusahaan mempertimbangkan banyak hal dalam mengungkapkan informasi keuangan dan non-keuangan perusahaan mereka karena terdapat beberapa sisi perusahaan yang tidak dapat diungkap. Pertimbangan tersebut dipengaruhi oleh karakteristik perusahaan tersebut. Artinya dengan melihat karakteristik perusahaan sesungguhnya dapat diprediksi seberapa luas informasi sukarela yang diungkapkan oleh perusahaan tersebut. Penelitian-penelitian sebelumnya mendapatkan hasil bahwa karakteristik perusahaan memiliki pengaruh terhadap pengungkapan sukarela. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh leverage, likuiditas, dan ukuran perusahaan (size) terhadap pengungkapan sukarela laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, yaitu penelitian dengan cara menganalisis data dengan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan 10 perusahaan sektor pertambangan yang masuk dalam daftar efek syariah (DES). Periode penelitian dilakukan dari tahun 2007-2010 sehingga datanya berjumlah 40. Adapun variabel independen dalam penelitian ini adalah leverage, likuiditas, dan ukuran perusahaan (size). Pengungkapan sukarela sebagai variabel dependen. Untuk menjelaskan pengaruh variabel tersebut, data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model regresi linier berganda. Berdasar hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, leverage, likuiditas, dan ukuran perusahaan (size) terbukti berpengaruh simultan atau bersamasama secara signifikan terhadap pengungkapan sukarela laporan keuangan. Sedangkan untuk uji secara parsial ternyata variabel leverage, likuiditas, dan ukuran perusahaan (size) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sukarela laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan sukarela, leverage, likuiditas, dan ukuran perusahaan(size).
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:47
Last Modified: 26 Sep 2016 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10601

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum