ANALISIS PENERAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX DALAM PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PERBANKAN SYARIAH INDONESIA

NADIA RAHMA , NIM. 08390113 (2012) ANALISIS PENERAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX DALAM PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PERBANKAN SYARIAH INDONESIA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)

Abstract

Sejauh ini pengukuran Corporate Social Responsibility (CSR) di banyak perbankan syariah masih mengacu kepada Global Reporting Initiative Index (indeks GRI). Padahal terkait dengan adanya kebutuhan mengenai pengungkapan CSR di perbankan syariah, saat ini marak diperbincangkan mengenai Islamic Social Reporting Index (indeks ISR). Indeks ISR diyakini dapat menjadi pijakan awal dalam hal standar pengungkapan CSR yang sesuai dengan pijakan Islam. Penelitian yang dilakukan oleh penyusun adalah menganalisis penerapan Islamic Social Reporting Index (indeks ISR) dalam pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) perbankan syariah di Indonesia. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah perbankan syariah di Indonesia yang melaporkan laporan tahunan (annual report) periode 2010 dan memuat semua kategori dari indeks ISR dalam pelaporan kinerja sosialnya, yakni Bank Muamalat Indonesia (BMI), Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Nasional Indonesia Syariah (BNIS), Bank Mega Syariah (BMS), Bank Syariah Bukopin (BSB), dan Bank Rakyat Indonesia (BRIS). Penelitian ini bersifat deskriptif, yakni penelitian yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan hasil skoring indeks ISR terhadap CSR perbankan syariah Indonesia. Berdasarkan hasil uji analisis dengan menggunakan teknik analisis metode skoring, maka ditemukan bahwa pengungkapan indeks ISR pada enam bank syariah Indonesia dapat dikatakan baik, yakni sebesar 64,83% secara keseluruhan, walaupun masih belum mencapai angka sempurna 100%, dikarenakan masih adanya item-item indeks ISR yang belum diungkapkan secara penuh. Kata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Islamic Social Reporting Index (indeks ISR)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. M. Fakhri Husein, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Islamic Social Reporting Index (indeks ISR)
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:48
Last Modified: 26 Sep 2016 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10615

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum