ANALISIS MINAT BELI PRODUK GADAI EMAS SYARIAH BANK BPD DIY SYARIAH DITINJAU DARI PENGETAHUAN TERHADAP PRODUK DAN PRINSIP OPERASIONAL GADAI EMAS SYARIAH

IRFAN HIDAYAT, NIM. 07390108 (2012) ANALISIS MINAT BELI PRODUK GADAI EMAS SYARIAH BANK BPD DIY SYARIAH DITINJAU DARI PENGETAHUAN TERHADAP PRODUK DAN PRINSIP OPERASIONAL GADAI EMAS SYARIAH. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)

Abstract

Produk gadai emas syariah adalah produk perbankan yang menyalurkan dana dalam bentuk pinjaman dana berdasarkan prinsip qard dengan jaminan barang berharga berupa emas sebagai jaminan atas utang nasabah. Pengetahuan produk gadai emas syariah merupakan pemahaman yang dimiliki oleh seseorang terkait fitur dan mekanisme produk gadai emas syariah. Pengetahuan prinsip operasional gadai emas syariah merupakan pemahaman masyarakat pada asasasas syariat yang melandasi operasional produk gadai emas syariah. Sedangkan minat beli seseorang salah satunya terjadi karena tingkat pengetahuannya terhadap suatu produk tertentu. Populasi dalam penelitian ini meliputi semua nasabah yang menggunakan produk gadai emas syariah Bank BPD DIY Syariah tahun 2011. Sedangkan sampel nasabah yang diambil adalah 60 orang dan pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan purpossive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, karena data didapat secara langsung dari nasabah melalui pembagian kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan kedua variabel independen, yaitu pengetahuan produk dan pengetahuan prinsip operasional produk berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen, yaitu minat beli gadai emas syariah Bank BPD DIY Syariah. Begitu juga dengan hasil uji secara parsial, menunjukkan bahwa masing-masing dari dua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk gadai emas syariah Bank BPD DIY Syariah. Hal ini disebabkan karena pengetahuan produk adalah salah satu faktor yang membuat seseorang melakukan pertimbangan terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu produk. Sedangkan minat beli yang disebabkan karena pengetahuan prinsip operasional adalah dikarenakan produk gadai emas syariah adalah produk syariah, yang dalam pengoperasionalannya sesuai dan tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan gadai emas syariah, pengetahuan prinsip operasional gadai emas syariah, dan minat beli produk gadai emas syariah.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Mar 2014 11:51
Last Modified: 26 Sep 2016 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10621

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum