PENGARUH RETURN ON ASSET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2007-2010)

NILLA MARDIASARI , NIM. 08390109 (2012) PENGARUH RETURN ON ASSET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2007-2010). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh Return on Asset (ROA) terhadap nilai perusahaan menunjukkan hasil yang tidak konsisten. Hal ini menunjukkan adanya faktor lain yang turut mempengaruhi hubungan ROA terhadap nilai perusahaan, sehingga penulis memasukkan pengungkapan Good Corporate Governance (GCG) sebagai variabel pemoderasi yang diduga ikut memperkuat atau memperlemah pengaruh tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan GCG dalam hubungan antara ROA terhadap nilai perusahaan – perusahaan yang masuk Daftar Efek Syariah periode 2007-2010. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel 31 perusahaan non keuangan dari beberapa sektor yang masuk dalam Daftar Efek Syariah berturutturut selama periode 2007-2010. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri data sekunder berupa laporan tahunan dan keuangan yang dapat diunduh di website masing-masing perusahaan dan juga data dari ICMD, kemudian data diususun pooling. Jumlah data observasi diperoleh sebanyak 124 observasi. Adapun variabel independen dalam penelitian ini adalah Return on Asset (ROA), variabel dependen berupa nilai perusahaan (Tobin’s Q), dan variabel moderatingnya berupa GCG (proporsi komisaris independen dan kepemilikan institusional). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda dengan instrumen penelitian menggunakan perangkat lunak komputer yaitu dengan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, ROA, proporsi komisaris independen, kepemilikan institusional, interaksi antara ROA dan proporsi komisaris independen, serta interaksi antara ROA dan kepemilikan institusional, terbukti berpengaruh secara simultan (bersama-sama) secara signifikan terhadap Tobin’s Q. Variabel independen dalam persamaan 1, yaitu ROA, dapat menjelaskan variabilitas nilai perusahaan sebesar 28.4 %, sedangkan variabel independen dalam persamaan 2, yaitu ROA, proporsi komisaris independen, kepemilikan institusional, interaksi antara ROA dan proporsi komisaris independen, serta interaksi antara ROA dan kepemilikan institusional, terbukti dapat menjelaskan variabilitas nilai perusahaan yang lebih bagus, yaitu sebesar 38.6 %. Uji parsial menunjukkan bahwa: variabel ROA terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan pada persamaan 1, tapi tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan mempunyai arah negatif pada persamaan 2, variabel proporsi komisaris independen dapat memperkuat hubungan antara ROA terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel kepemilikan institusional tidak dapat memperkuat hubungan antara ROA terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Return on Asset, Good Corporate Governance, Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misneen Ardiaansyah, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Return on Asset, Good Corporate Governance, Nilai Perusahaan
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:52
Last Modified: 26 Sep 2016 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum