FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS BANK SYARIAH DI INDONESIA

LIA ROSLIANA, NIM. 07390001 (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS BANK SYARIAH DI INDONESIA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)

Abstract

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva, maupun modal sendiri. Profitabilitas merupakan indikator yang tepat untuk mengukur kinerja suatu bank. Penilaian aspek profitabilitas berguna untuk mengetahui kemampuan menciptakan profit, yang sudah tentu penting bagi pemilik, dengan kinerja bank yang baik, pada akhirnya akan berdampak baik pada intern maupun bagi pihak ekstern bank. Dalam penelitian ini, return on equity (ROE) digunakan untuk mengukur profitabilitas bank, karena dengan ROE pemilik bank dapat mengukur keuntungan yang didapat dari dana yang ditanamkan kepada bank. Variabel independen yang digunakan adalah capital adequacy ratio (CAR), biaya operasional/pendapatan operasional (BOPO), financing to deposit ratio (FDR) dan non performing financing (NPF). Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum syariah devisa di Indonesia tahun 2006-2010. Populasi diambil berdasarkan kriteria tertentu dan diperoleh 3 bank, yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri dan Bank Syariah Mega Indonesia dengan periode lima tahun atau sebanyak 60 populasi. Data yang digunakan berasal dari laporan keuangan triwulan yang diterbitkan melalui laporan keuangan publikasi Bank Indonesia dan bank yang bersangkutan yang merupakan data kuantitatif dan kualitatif, yaitu berupa laporan keuangan masing-masing bank dan catatan atas laporan keuangan dari tahun 2006 sampai tahun 2010. Penelitian ini telah melalui proses pra-analisis dengan tujuan untuk menemukan bentuk model regresi terbaik dengan menggunakan analisis regresi berganda yang telah melalui uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil analisis menunjukkan bahwa capital adequacy ratio (CAR), biaya operasional/pendapatan operasional (BOPO) dan financing to deposit ratio (FDR) mampu mempengaruhi ROE secara signifikan, sedangkan non performing financing (NPF) tidak signifikan mempengaruhi ROE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: profitabilitas (ROE), capital adequacy ratio (CAR), biaya operasional/pendapatan operasional (BOPO), financing to deposit ratio (FDR), non performing financing (NPF).
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:49
Last Modified: 26 Sep 2016 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10642

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum