TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ISTRI BEKERJA DI LUAR NEGERI DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI DESA MUNTUR, KECAMATAN LOSARANG, KABUPATEN INDRAMAYU)

SHIRHI ATHMAINNAH , NIM: 08350021 (2012) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ISTRI BEKERJA DI LUAR NEGERI DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI DESA MUNTUR, KECAMATAN LOSARANG, KABUPATEN INDRAMAYU). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Allah menciptakan dunia seisinya dengan penuh keseimbangan dan saling berpasangan. Perkawinan adalah salah satu syari’at yang diberikan Allah kepada makhluk-Nya, agar saling mengenal dan saling menyayangi. Tujuan dari perkawinan adalah untuk mewujudkan keluarga yang sakinah, dilandasi dengan mawaddah dan rahmah. Keluarga sakinah adalah keluarga yang tercukupi kebutuhan finansial dan spiritual. Secara minimal, kebutuhan finansial ditandai dengan terpenuhinya sandang, pangan, dan papan. Kebutuhan spiritual ditandai dengan ketakwaan kepada Allah, sehingga memancarkan kebahagiaan (batin) dari keluarga tersebut. Desa Muntur Kecamatan Losarang, mayoritas penduduknya beragama Islam. Dari beberapa desa yang ada di kecamatan Losarang, Desa Muntur adalah satu-satunya desa yang mendapat julukan “kota” santri. Areal persawahan yang ada di Desa Muntur, menjadikan penduduknya bermata pencaharian bertani dan berladang. Dengan mengandalkan hasil panen, sebenarnya masyarakat Desa Muntur bisa mencukupi kebutuhan finansialnya. Ada faktor lain yang menjadikan beberapa penduduk Desa Muntur kurang puas dalam mencari penghidupan di tanah kelahirannya sendiri. Misalnya, pola hidup hedonis dan konsumtif yang tengah menggerogoti sebagian masyarakat Desa Muntur. Masyarakat Desa Muntur masih didominasi dengan lulusan sekolah dasar. Sehingga pola pikir yang terbentuk tidak jauh dari persoalan sandang, pangan dan papan. Skripsi ini menggunakan metode pendekatan normatif, artinya pembahasan yang ada dalam penyusunan in didasarkan pada teori-teori, konsepkonsep hukum Islam, untuk mengetahui konsep dan ketentuan hukum Islam mengenai keluarga sakinah. Sumber data yang digunakan dalam penyusunan ini berupa hasil wawancara dengan kepala desa setempat, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta melakukan kajian terhadap data-data hasil kepustakaan untuk mengukur sejauh mana kesakinahan keluarga yang istrinya bekerja di luar negeri. Kondisi kesakinahan pada keluarga yang istrinya bekerja di luar negeri di Desa Muntur, secara finansial dapat dikatakan cukup sejahtera. Pemenuhan sandang, pangan dan papan tengah diupayakan oleh beberapa keluarga tersebut. Sedangkan secara spiritual, keluarga di Desa Muntur yang istrinya bekerja di luar negeri, jauh dari pengamalan ajaran agama Islam. Fakta tersebut terlihat pada responden yang mengaku melakukan transaksi haram dalam pemenuhan kebutuhan biologisnya, serta ketakwaan kepada Allah yang masih sangat minim (shalat dan puasa). Dikatakan jauh dari sakinah karena tidak terkendalinya syahwat dan kurangnya ibadah kepada Allah akan menyebabkan keretakan rumah tangga. Hukum Islam tidak melarang istrinya bekerja di luar rumah (luar negeri). Selama istrinya bekerja dengan sukarela, maka dianggap sedekah istri kepada suami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. Ermi Suhasti, M
Uncontrolled Keywords: hukum islam, istri, bekerja, di luar negeri
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:52
Last Modified: 15 Apr 2016 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10684

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum