CITRA PEREMPUAN DALAM FILM KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG (ANALISIS SEMIOTIK)

MULTAZAM, NIM. 09210045 (2013) CITRA PEREMPUAN DALAM FILM KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG (ANALISIS SEMIOTIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (CITRA PEREMPUAN DALAM FILM KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG (ANALISIS SEMIOTIK))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (CITRA PEREMPUAN DALAM FILM KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG (ANALISIS SEMIOTIK))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (930kB)

Abstract

Latar belakang masalah ini muncul dari banyaknya tentang citra perempuan di dalam film yang bertemakan perempuan. Pemain perempuan sebagai pemeran utama dan mengangkat realitas serta peranan perempuan dari segi exsistensi dalam membedakan masalah-masalah moral, intelektualitas, dan spiritualitas melalui film. Kecerdasan dari para penikmat film dan juga kreatifitas seorang produser film dalam menyajikan tontonan yang bisa menjadi tuntunan semakin hari semakin banyak diminati oleh para penikmat film yang menjadikan film tidak hanya sekedar media hiduran akan tetapi juga berfungsi sebagai media pendidikan. Penelitian ini rumasan masalahnya adalah 1. Bagaimanakah citra Islam dalam film kehormatan di balik kerudung. 2. Bagaimanakah citra perspektif media dalam film kehormatan di balik kerudung. Tujuan untuk mengetahui Citra Perempuan Islam dan Citra Perempuan Perspektif Media dalam Film Kehormatan di Balik Kerudung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data akan disajikan dalam table dan freme scane yang terdapat dalam Film Kehormatan di Balik Kerudung. Data-data kualitatif tersebut berusaha menggambarkan dengan rujukan, acuan, atau referensi secara ilmiah. Subjek penelitian Film Kehormatan di Balik Kerudung. Objek penelitian citra perempuan yang diperankan oleh tokoh Syahdu dan Sofia dalam Film Kehormatan di Balik Kerudung. Sumber data penelitian adalah Sumber data primer, yaitu VCD/DVD Film dalam Film Kehormatan di Balik Kerudung , dan Sumber data sekunder berbagai macam literatur buku, dokumen, internet, dan artikel yang berhubungan dengan objek penelitian. Teknik pengumpulan data berupa data primer dan sekunder. Fungsi dari data ini adalah untuk melengkapi analisis masalah sehingga diperoleh hasil data yang lebih komprehensif. Langkah metode analisis data adalah metode analisis data semiotika yang mengkaji tanda yang ada pada gambar scene Film Kehormatan di Balik Kerudung. Dimana beberapa tanda seperti yang terdapat pada mimik pemain, ekspresi pemain, dan dialog pemain memiliki makna yang tidak bisa diungkapkan secara gamblang, karena makna tersebut terkodekan dalam sebuah tanda denotasi dan konotasi. Model analisis yang dipakai peneliti adalah model Roland Barthes. Hasil penelitian “Citra Perempuan dalam Film Kehormatan di Balik Kerudung” peneliti menemukan tanda-tanda melalaui tokoh Syahdu dan Sofia menunjukkan citra perempuan dalam Islam adalah 1. Citra perempuan penyabar yaitu sabar dalam mengahadapi suaminya yang lagi diterpa musibah 2. Citra perempuan amanah yaitu amanah dalam menyampaikan barang titipan 3. Citra perempuan pemaaf yaitu suka memaafkan orang lain tanpa ada rasa dendam 4. Citra perempuan sopan dan lembut dalam berbicara yaitu ditunjukkan ketika Sofia ketika berinterksi dengan orang lain. Adapun citra perempuan perspektif media adalah 1. Citra pigura yaitu ditunjukkan Syahdu dengan berpenampilan menarik 2. Citra pinggan yaitu ditunjukkan Sofia dalam dunia dapur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: RISTIANA KADARSIH S.Sos., MA
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Mar 2014 09:39
Last Modified: 16 Oct 2015 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10688

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum