PENGARUH MENDENGARKAN PROGRAM SIARAN DIALOG ISLAMDI RADIO YES FM CILACAP TERHADAP PENGAMALAN BERAGAMA IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN MERTASINGA KABUPATEN CILACAP

NITA DIAH SULISTIOWATI, NIM. 09210046 (2013) PENGARUH MENDENGARKAN PROGRAM SIARAN DIALOG ISLAMDI RADIO YES FM CILACAP TERHADAP PENGAMALAN BERAGAMA IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN MERTASINGA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENDENGARKAN PROGRAM SIARAN DIALOG ISLAMDI RADIO YES FM CILACAP TERHADAP PENGAMALAN BERAGAMA IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN MERTASINGA KABUPATEN CILACAP)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENDENGARKAN PROGRAM SIARAN DIALOG ISLAMDI RADIO YES FM CILACAP TERHADAP PENGAMALAN BERAGAMA IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN MERTASINGA KABUPATEN CILACAP)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (449kB)

Abstract

Radio merupakan media yang memiliki jangkauan selektif terhadap segmentasi khalayak tertentu. Mendengarkan suatu program siaran di radio merupakan hal yang sudah wajar kapanpun dan dimanapun orang bisa mendengarkan siaran radio, namun terkadang pendengar hanya sekedar mendengarkan saja tidak memahami isi atau pesan yang ingin disampaikan oleh siaran tersebut kepada pendengar. Salah satu program acara radio yang banyak di minati masyarakat Cilacap adalah program siaran dialog islam, dalam penelitian ini akan dibahas mengenai seberapa jauh pengamalan beragama ibu-ibu rumah tangga setelah mendengarkan program siaran dialog islam. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikologi yang dapat menjelaskan efek prososial media massa adalah teori belajar dari Bandura. Menurut Bandura, kita belajar bukan saja dari pengalaman langsung, tetapi dari peniruan atau peneladanan. Perilaku merupakan hasil faktor-faktor kognitif dan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Populasi dan sampel, teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner dan wawancara kemudian di uji dengan validitas dan realibilitas. Dan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Mertasinga Kabupaten Cilacap yang diambil dengan menggunakan metode probability sampling dengan pendekatan cluster sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini dibulatkan menjadi sebesar 100 responden. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh chi square hitung = 36,508 > chi square tabel = 3,84, dengan df = 1. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara mendengarkan program siaran dialog Islam di Radio Yes FM Cilacap terhadap pengamalan beragama ibu rumah tangga di Kelurahan Mertasinga Kabupaten Cilacap. Lebih lanjut dapat dartikan, jika mendengarkan program siaran dialog Islam di Radio Yes FM terdapat hubungan. Keeratan hubungan antara mendengarkan program siaran dialog Islam di Radio Yes FM terhadap pengamalan beragama ibu rumah tangga di Kelurahan Mertasinga Kabupaten Cilacap dalam kategori sedang (c = 0,517). Kata kunci : Mendengarkan Program Siaran Dialog Islam, Pengamalan Beragama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Mendengarkan Program Siaran Dialog Islam, Pengamalan Beragama
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Mar 2014 09:55
Last Modified: 16 Oct 2015 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10690

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum