PENGARUH DIVIDEND PAYOUT RATIO, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, STUKTUR AKTIVA DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEPUTUSAN PENDANAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH

SITI MUTMAINNAH, NIM. 08390009 (2012) PENGARUH DIVIDEND PAYOUT RATIO, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, STUKTUR AKTIVA DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEPUTUSAN PENDANAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Dividend Payout Ratio (DPR), Profitabilitas (ROA), Ukuran Perusahaan (LNsize), Struktur Aktiva, dan likuiditas (Current Ratio) terhadap keputusan pendanaan (Debt to Equity Ratio) pada perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah periode 2008-2010. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria (1) perusahaan secara konsisten terdaftar di DES selama periode 20082010; (2) perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan audit per 31 Desember selama periode 2008-2010 dan (3) laporan keuangan audit yang diterbitkan oleh perusahaan harus memuat unsur-unsur variabel yang digunakan dalam penelitian dan juga variabel-variabel tersebut harus ada secara konsisten selama periode 2008-2010. Data diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD 2010) dan juga didapat dari Pojok Bursa UII Yogyakarta. Dengan menggunakan teknik purposive sampling ini, akhirnya diperoleh jumlah sampel sebanyak 33 perusahaan dari 214 perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan uji t untuk menguji pengaruh variabel secara parsial serta uji F untuk menguji pengaruh variabel secara bersama-sama dengan level of significance kurang dari 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Dari hasil analisis uji t menunjukkan bahwa profitabilitas, struktur aktiva dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pendanaan yaitu pada level of significance kurang dari 0,05 atau 5%, sementara dividend payout ratio dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pendanaan. Kemudian dari hasil uji F menunjukkan bahwa dividend payout ratio, profitabilitas, ukuran perusahaan, struktur aktiva, dan likuiditas pada level of significance kurang dari 0,05 atau 5% secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pendanaan. Variabel keputusan pendanaan (DER) dapat dijelaskan oleh kelima variabel tersebut sebesar 40,8% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya adjusted R square sebesar 0,408 sedangkan sisanya sebesar 59,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Slamet Haryono, Se., M.Si, Akt.
Uncontrolled Keywords: Dividend Payout Ratio (DPR), Profitabilitas (ROA), Ukuran Perusahaan, (LNsize), Struktur Aktiva, likuiditas (Current Ratio), keputusan pendanaan (Debt to Equity Ratio/DER)
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:53
Last Modified: 27 Sep 2016 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10702

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum