METODE KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI PERSOALAN BULLYING DI MAN TEMANGGUNG

TABAH ANJAR V, NIM. 09220075 (2013) METODE KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI PERSOALAN BULLYING DI MAN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI PERSOALAN BULLYING DI MAN TEMANGGUNG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (METODE KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI PERSOALAN BULLYING DI MAN TEMANGGUNG)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (561kB)

Abstract

Konseling merupakan proses pemberian bantuan secara tatap muka yang terjadi dalam hubungan individu. Konseling merupakan hubungan profesional antara guru BK dan siswa. Hubungan yang terjadi antara guru BK dengan siswa merupakan hal yang sangat penting dari keseluruhan proses konseling. Dalam profesionalitas sebagai guru BK, selain adanya latar belakang pendidikan yang mendukung ada beberapa syarat penting yang hendaknya juga dipenuhi oleh seorang guru BK. Syarat tersebut antara lain karakteristik guru BK, pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan konseling, serta penanganan guru BK terhadap siswa bermasalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor dan penyebab timbulnya bullying di MAN Temanggung serta metode konseling individu yang dilaksanakan Secara teoritis, diharapkan dapat berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang BKI di Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang terkait konseling individu dalam mengatasi persoalan bullying, dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan sekaligus referensi bagi pihak terkait yakni guru BK di MAN Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif yang fokus membahas sebuah fenomena dalam perilaku bullying. Tujuannya adalah untuk mengetahui faktor penyebab bullying itu terjadi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru BK di MAN Temanggung. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan metode deskriftif kualitatif serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat dua bentuk bullying yang terjadi yaitu bentuk bullying fisik dan bentuk bullying psikis 2) metode konseling individu yang digunakan REB (Rasional Emotif Behavioral) dengan menekankan pola pikir yang irasional menjadi rasional, yang terdapat dua faktor yang menpengaruhi timbulnya bullying yaitu faktor internal dan faktor eksternal, yang didasari rasa dendam, sifat iri, ingin menguasai teman, salah paham, sakit hati dan dilecehkan oleh teman Keyword : metode konseling individu, perilaku bullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhsin Kalida, S.Ag. MA.
Uncontrolled Keywords: metode konseling individu, perilaku bullying
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Mar 2014 14:05
Last Modified: 10 Nov 2015 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10709

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum