AL MURAKKABAT AL TSALATSAH (AL MURAKKAB AL WASFY,WA AL IDHOFY WA AL 'ATFY) FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYAH LITHALAB MADRASAH WONOKROMO AL 'ALIYAH AL HUKUMIYAH

SUHAEMIN - NIM. 03420291, (2008) AL MURAKKABAT AL TSALATSAH (AL MURAKKAB AL WASFY,WA AL IDHOFY WA AL 'ATFY) FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYAH LITHALAB MADRASAH WONOKROMO AL 'ALIYAH AL HUKUMIYAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (AL MURAKKABAT AL TSALATSAH (AL MURAKKAB AL WASFY,WA AL IDHOFY WA AL 'ATFY) FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYAH LITHALAB MADRASAH WONOKROMO AL 'ALIYAH AL HUKUMIYAH )
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (AL MURAKKABAT AL TSALATSAH (AL MURAKKAB AL WASFY,WA AL IDHOFY WA AL 'ATFY) FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYAH LITHALAB MADRASAH WONOKROMO AL 'ALIYAH AL HUKUMIYAH )
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di pondok pesantren atau lingkungannya bagi Siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wonokromo tidak begitu banyak memberikan pengaruh terutama dalam kemampuan berbahasa Arab. Dan berdasarkan PPL kurang lebih selama 2 bulan di MAN Wonokromo terdapat adanya ketidakmampuan siswa terhadap penguasaan bahasa Arab. Maka dari itu, perlu adanya penelitian di sekolahan tersebut untuk mengetahui gejala penyebabnya. Selain itu juga sebagai wacana untuk memberikan sumbangan setidaknya ada peningkatan mutu pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan oleh Siswa-siswi kelas XII di MAN Wonokromo dalam pembelajaran Bahasa Arab dan khususnya yang berkaitan dengan Al-Murakkabat At-Tsalatsah (al-Murakkab al-Wasfy, al-'Atfy dan al-Idhofy) dengan menggunakan Analisis Kesalahan sebagai acuan klasifikasi kesalahan, dan untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh pengajar untuk mengatasi kesalahan berbahasa tersebut. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru khususnya di MAN Wonokromo sendiri sebagai tempat peneliti dan kepada semua pihak umumnya yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan sebuah analisis kesalahan berbahasa dengan menggunakan beragam metode. Metode-metodenya adalah sebagai berikut; metode observasi, wawancara, tes, dan metode angket. Sedangkan penelitian ini sifatnya kuantitatif, tetapi tidak menutup kemungkinan terdapat kualitatif. Analisis yang dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu : fokus obyek yang diteliti, menentukan media data (tes tulis), menentukan data yang berkaitan dengan latar belakang siswa, latar belakang B1 dan lain lain. Juga mengklasifikasi kesalahan menjadi 3 (tiga) kategori yang meliputi Al-Murakkabat At-Tsalatsah (al-Murakkab al-Wasfy, al-'Atfy dan al-Idhofy). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh Siswa-siswi ditinjau dari segi morfologis dan sintaksis. Dengan perinciannya mencakup tiga kategori; pertama al-Murakkab al-Wasfhy sebanyak 32,43 %, kedua al-Murakkab al-Idhofy sebanyak 29,73 %, dan yang ketiga al-Murakkab al-'Athfy sebanyak 37,84 %. Untuk menanggulangi kesalahan-kesalahan tersebut, pengajar bahasa Arab kelas XII mengadakan beberapa upaya untuk menanggulanginya seperti : memberikan penjelasan tentang kaidah-kaidah bahasa Arab sebelum pengajar memberikan latihan kepada siswa, memberikan kosakata baru bahasa Arab setiap kali memulai materi baru, memberikan latihan-latihan menyusun kalimat, termasuk di dalamnya Taraakib at-Tsalatsah. Dari paparan di atas setidaknya kontribusi peneliti terhadap sekolahan adalah selain untuk mengetahui kesalahan tersebut, juga memberikan motifasi kepada siswa akan pentingnya memahami bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Mutu, pembelajaran, Bahsa Arab.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 20 Jul 2012 18:31
Last Modified: 31 Mar 2017 16:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1074

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum