KH Irfan Hielmy (Pemikiran Dan Pengaruhnya Terhadap Mobilitas Keagamaan Masyarakat Kabupaten Ciamis [1960-2002]

Elah Nurhasanah, NIM. 98122186 (2003) KH Irfan Hielmy (Pemikiran Dan Pengaruhnya Terhadap Mobilitas Keagamaan Masyarakat Kabupaten Ciamis [1960-2002]. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KH Irfan Hielmy (Pemikiran Dan Pengaruhnya Terhadap Mobilitas Keagamaan Masyarakat Kabupaten Ciamis [1960-2002])
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (909kB) | Preview
[img] Text (KH Irfan Hielmy (Pemikiran Dan Pengaruhnya Terhadap Mobilitas Keagamaan Masyarakat Kabupaten Ciamis [1960-2002])
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

K.H. Irfan Hielmy pengasuh Pondok Pesantren Darussalam adalah seorang tokoh ulama yang berjasa dan berpengaruh kuat bagi masyarakat Ciamis Jawa Barat. Seperti pqara tokoh ulama yang lain, pengaruh pendidikan agama cukup kuat membentuk kepribadiannya. Namun beliau tidak terlalu banyak menimba ilmu di Pondok Pesantren. Ia memperkaya khazanah pengetahuannya dengan belajar sendiri/autodidak, setiap hari sekitar lima puluh sampai seratus halaman buku dilewatkan, baik buku pengetahuan umum maupun pengetahuan agama. Penelitian ini adalah penelitian masa lampau, maka metode yang sesuai untuk digunakan dalam kajian ini adalah metode historis, yaitu metode yang bertumpu pada proses menguji, menganalisa secara kritis rekaman dan peninggalan masa lampau yang meliputi heuristik, kritik atau verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Pemikiran – pemikiran K.H. Irfan Hielmy yang diterapkan kepada para santri dan masyarakat di Kabupaten Ciamis mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan di masyarakat, meskipun masih ada daerah-daerah yang belum bisa menerima pemikiranpemikirannya. Hal ini didasari oleh masyarakat akan pentingnya persatuan dan kesatuan yang akan memperkokoh tali silaturrahmi. Untuk membersihkan diri dari hal-hal yang berbau syirik, umat Islam diwajibkan kembali berpegang teguh pada al-Qur’an dan al Hadits. Key word: tradisi, haulan, masyarakat, kekerabatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Abdurahman, M. Hum
Uncontrolled Keywords: tradisi, haulan, masyarakat, kekerabatan
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Mar 2014 09:45
Last Modified: 29 Jul 2015 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10754

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum