STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KINERJA BEREKSPERIMEN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA KELAS XI IPA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TAHUN AJARAN 2011/2012

AI DEDE NURJANAH , NIM. 08680001 (2012) STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KINERJA BEREKSPERIMEN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA KELAS XI IPA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbandingan kinerja bereksperimen siswa setelah belajar dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dan Inquiry Training. (2) mengetahui perbandingan hasil belajar kognitif siswa setelah belajar dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dan Inquiry Training. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, yaitu mengkomparasikan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan Inquiry Training terhadap kinerja bereksperimen dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Yogyakarata. Data dianalisis dengan menggunakan uij-t dan analisis deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Yogyakarta dan diambil sampel 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4. Penentuan sampel penelitian dengan menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan lembar observasi dan soal tes. Data penelitian berupa presentase kinerja berekserimen dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kinerja bereksperimen antara kelas XI IPA 4 yang menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan kelas XI IPA 3 yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas XI IPA 4 83% sedangkan XI IPA 3 73% . (2) terdapat perbadaan hasil belajar kognitif siswa antara kelas XI IPA 4 dan XI IPA 3, yang ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t dengan harga p = 0,001 dimana < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Studi Komparatif, Model Pembelajaran Predict-Observe-Expalin (POE), Model Pembelajaran Inquiry Training, Kinerja Bereksperimen, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:00
Last Modified: 02 Mar 2016 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10769

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum