PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK ALKANA, ALKENA, DAN ALKUNA SISWA KELAS X-2 SMAN I SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2011/2012

AKUNG WIDIYATMAKA , NIM. 07670045 (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK ALKANA, ALKENA, DAN ALKUNA SISWA KELAS X-2 SMAN I SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia kelas X-2 SMAN 1 Srandakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penerapan materi pembelajaran yaitu pada materi pokok alkan, alkena, dan alkuna. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 yang berjumlah 28 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data motivasi belajar siswa yang diperoleh dari angket motivasi belajar siswa dari siklus I dan siklus II serta data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai post-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa kelas X-2 SMAN 1 Srandakan Tahun Ajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil angket motivasi belajar kimia siswa dan hasil tes siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase rata-rata hasil angket motivasi belajar kimia siswa adalah 76,37% dan pada siklus II, persentase rata-rata hasil angket motivasi belajar kimia siswa adalah 81,32%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas dari hasil tes adalah 67,89. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas dari hasil tes adalah 76,67.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Liana Aisyah, S.Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), motivasi belajar kimia siswa, hasil belajar kimia siswa.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:01
Last Modified: 08 Dec 2016 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum