PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MEMPERHATIKAN IQ SISWA DI MTsN SUMBERLAWANG SRAGEN

DITA SURYAWATI, NIM. 07690008 (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MEMPERHATIKAN IQ SISWA DI MTsN SUMBERLAWANG SRAGEN. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran generatif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan memperhatikan IQ siswa. (2) efektivitas penggunaan model pembelajaran generatif dalam pembelajaran fisika. (3) peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya yaitu kelas VIII A dan VIII B di MTs Negeri Sumberlawang Sragen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa tes keterampilan berpikir siswa yang ditinjau dari kemampuan kognitif siswa dan teknik non tes berupa angket motivasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis dan dibahas, maka dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Hasil pengujian menunjukkan nilai F sebesar 5,229 dengan nilai F tabel hitung sebesar 4,022 pada taraf signifikansi 5%. (2) Model pembelajaran generatif efektif untuk digunakan dalam pembelajaran fisika di sekolah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai t sebesar 9,08 pada model generatif dengan metode translation dan metode conceptualization nilai t hitung sebesar 7,56. Berarti kedua metode yang digunakan dalam penelitian ini efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan nilai t hitung sebesar 1,67 (taraf signifikansi = 5%). (3) Terdapat peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Hasil pengujian menunjukkan nilai p-value untuk gain motivasi sebesar 0,413 > 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Implikasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran generatif dengan memperhatikan IQ siswa dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk tabel meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nita Handayani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Generatif, Keterampilan Berpikir Kritis, Translation, Conceptualization
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:03
Last Modified: 08 Dec 2016 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10818

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum