PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP POS PEMBERDAYAAN KELUARGA DI DESA BROSOT KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO DITINJAU DARI INPRES NO. 3 TAHUN 2010

MAHMUDI, NIM. 09340087 (2013) PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP POS PEMBERDAYAAN KELUARGA DI DESA BROSOT KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO DITINJAU DARI INPRES NO. 3 TAHUN 2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP POS PEMBERDAYAAN KELUARGA DI DESA BROSOT KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO DITINJAU DARI INPRES NO. 3 TAHUN 2010)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP POS PEMBERDAYAAN KELUARGA DI DESA BROSOT KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO DITINJAU DARI INPRES NO. 3 TAHUN 2010)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (690kB)

Abstract

Peningkatan kualitas manusia sebagai sumber daya pembangunan merupakan prasyarat utama untuk memperbaiki derajat kesejahteraan rakyat. Tujuan utama pembangunan millenium atau Millenium Development Goals (MDGs) di Indonesia, dengan prioritas pengentasan kemiskinan, menetapkan proporsi penduduk miskin pada tahun 2015 diturunkan menjadi setengahnya atau 8,2 % dari jumlah penduduk. Peran pemerintah desa dalam pengentasan kemiskinan sangatlah penting, dimana pemerintah daerah dituntut untuk menjalankan program-program pengentasan kemiskinan. Salah satu program yang dilaksanakan yaitu program Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga). Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, maka penyusun merumuskan pokok masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana implementasi Inpres No. 3 Tahun 2010 Tentang Peran Pemerintah Desa Terhadap Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Di Desa Brosot Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah metode yuridis-sosiologis, dengan cara meneliti perundang-undangan, peraturan-peraturan, teori-teori hukum dan pendapat sarjana terkemuka yang berkaitan dengan keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif yang berusaha menggambarkan fenomena yang dimaksudkan. data-data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan key informan yaitu kepala desa dalam pelaksanaan program Posdaya. Yang kemudian data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dan selanjutnya diinterpretasikan dan kemudian ditarik sesuatu kesimpulan. Hasil penelitan yang bisa Penyusun paparkan adalah Pemerintah Desa Brosot telah berupaya penuh demi terwujudnya sumber daya manusia yang sehat demi tercapainya keluarga sejahtera di masa mendatang melalui program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) yang ada dibeberapa Padukuhan, salah satu contohnya Pos Pemberdayaan keluarga “Suka Karya” di Padukuhan VII Nepi, Desa Brosot, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo yang hingga kini cukup optimal dalam menjalankan program-programnya. Kata Kuci : Millenium Development Goals (MDGs), Peran Pemerintah Desa, Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: NURAINUN MANGUNSONG, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Millenium Development Goals (MDGs), Peran Pemerintah Desa, Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya)
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2014 08:36
Last Modified: 08 Aug 2016 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10838

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum