UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETIL ASETAT DAUN SIRIH TERHADAP Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli SERTA IDENTIFIKASI SENYAWA AKTIFNYA

HENDRA CAHYONO, NIM. 05630025 (2012) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETIL ASETAT DAUN SIRIH TERHADAP Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli SERTA IDENTIFIKASI SENYAWA AKTIFNYA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sirih mengandung berbagai senyawa aktif, salah satunya berpotensi sebagai antibakteri. Potensi tersebut perlu kajian empiris sebagai bahan pertimbangan untuk eksplorasinya secara maksimal dan terarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak daun sirih terhadap Staphylococcus aureus, dan Escherichia coli. Pelarut yang digunakan dalam ekstraksi adalah etil asetat. Identifikasi metabolit sekunder dilakukan dengan KLT-densitometri dan skrining fitokimia. Uji aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode difusi agar menggunakan paper disc. Profiling metabolit sekunder yang menghambat pertumbuhan bakteri, dilakukan dengan KLT-Bioautografi. Hasil skrining fitokimia ekstrak etil asetat daun sirih menunjukkan adanya fenol dan steroid/terpenoid. Senyawa tersebut berperan sebagai antibakteri dalam KLT-Biautografi. Aktivitas antibakteri ditunjukkan dari adanya zona hambat terhadap bakteri dalam petri dish. MIC untuk bakteri Escherichia coli adalah 18.000 ppm, sedangkan untuk Staphylococcus aureus 10.000 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Esti Wahyu Widowati, M.Si., M.Biotech
Uncontrolled Keywords: Antibakteri, KLT-Bioautografi, MIC, Piper betle Linn., skrining fitokimia
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:06
Last Modified: 08 Dec 2016 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10863

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum